Partner Informasi Bisnis Terpercaya

2 Kisah Wirausaha Sukses dari Nol Beda Generasi

0 82

Belakangan banyak orang tertarik menjajaki dunia usaha karena melihat keuntungan tinggi yang akan diperoleh. Kisah wirausaha sukses dari nol pun menjadi inspirasi bagi pemula yang ingin mengadu nasib di bidang usaha. Kesuksesan yang diperoleh wirausahawan tidak serta merta terjadi begitu saja. Namun, melalui proses pasang turun yang panjang.

Kisah Sukses Bob Sadino sebagai Wirausaha

Salah satu kisah wirausaha sukses dari nol yaitu Bob Sadino. Perjalanan usaha Bob dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang mau memulai usaha. Bambang Mustari Sadino atau akrab disapa Bob merupakan wirausahawan di bidang pangan dan peternakan yang lahir 9 Maret 1933 di Bandar Lampung.

Bob memulai usahanya ketika ia memutuskan berhenti setelah 9 tahun menjadi pegawai. Bisnis yang digeluti Bob mengalami pasang surut. Dimulai dengan usaha penyewaan mobil dengan ia sendiri sebagai sopir. Namun, naas Bob mengalami kecelakaan saat mengendarai mobil yang disewakan. Usaha penyewaan mobil itupun berhenti ditengah jalan.

Bob melanjutkan bekerja sebagai buruh bangunan yang dibayar per harinya. Saat ia bekerja sebagai kuli bangunan, ia memutar akal untuk memulai usaha yang memiliki peluang lebih besar. Akhirnya Bob mulai menggeluti usaha dibidang  ternak dan telur ayam negeri dengan modal berhutang dari tetangganya.

Kerja keras serta keuletan Bob membuahkan hasil, usahanya meningkat, bahkan ia dapat membangun sebuah supermarket yang khusus menjual berbagai macam kebutuhan peternakan dan pertanian yang dinamakan Kem-Chicks serta dikenal sebagai salah satu wirausahawan sukses di Indonesia.

Kisah Sukses Wirausaha dari Nol Bernama Reza Nurhilman

Reza Nurhilman

Jika Bob Sadino sukses di bidang peternakan dan pertanian, maka ada juga Reza Nurhilman yang sukses dibidang makanan ringan. Pemuda kelahiran Bandung 1987 ini adalah otak dibalik usaha kripik setan Maicih yang banyak diminati masyarakat. Usaha makanan ringan ini dimulai Reza dengan melihat peluang usaha di sekitarnya.

Reza bekerja sama dengan pengusaha keripik singkong lokal yang ada di Bandung. Kemudian ia menjualnya secara daring melalui Twitter. Sebagai seorang wirausahawan yang memiliki jiwa bisnis, Reza melihat bahwa ada peluang yang belum dilakukan oleh banyak wirausahawan lain yaitu dengan menjual produknya secara offline sehingga terkesan lebih eksklusif.

Agar produknya dapat dipasarkan secara luas, maka Reza menggunakan sistem keagenan dalam menjalankan bisnisnya. Hingga kini, produk Maicih dapat kita jumpai dengan beberapa versi jenis makanan dan sudah tersedia di beberapa toko-toko besar di Indonesia.

Bob Sadino dan Reza Nurhilman memiliki kesamaan sebagai seorang wirausahawan, yaitu sama-sama tekun untuk memajukan bisnisnya. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis maka yang perlu diambil dari kisah wirausaha sukses dari nol tersebut yaitu bagaimana mereka bangkit ketika kondisi usaha sedang terpuruk serta kreatifitas untuk membuat produk usaha menjadi berbeda dengan yang lain.

Berlangganan Newsletter
Dapatkan info terbaru tentang bisnis, peluang usaha, keuangan langsung di email Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.