Ini 20 Alasan Memilih Bisnis Bagi (Calon) Wirausaha

0 475

Ada banyak alasan kuat yang memotivasi seorang (calon) pengusaha dalam mengejar impiannya, yaitu dengan mendirikan perusahaan yang menguntungkan. Ada beberapa alasan memilih bisnis sebagai cara mencapai kemandirian finansial. Setidaknya, ini 20 alasan teratas bagi seseorang mengapa memulai usaha / bisnis.

Jika Anda salah satu yang sulit dalam membuat keputusan apakah berwirausaha memang tepat, penting untuk direnungkan apakah motivasi utama dalam memulai usaha.

Dengan memahaminya, Anda dapat melindungi diri sendiri dari risiko yang tidak perlu, jadi Anda bisa memastikan alasan memilih bisnis dengan tepat.

10 Alasan Memilih Bisnis yang Tepat

Pengusaha yang berpengalaman mengetahui ide bisnis terbaik muncul dari kebutuhan akan sesuatu yang genuine di pasar. Pengusaha ini melatih dirinya untuk tanggap terhadap ide bisnis yang berpotensi menguntungkan dalam bidangnya. Alasan-alasan untuk memulai bisnis berikut berpotensi akan mengarah kepada kesuksesan Anda.

Anda Melihat Peluang

Salah satu alasan tepat harus memulai bisnis adalah adanya peluang bisnis baru. Mungkin peluang tersebut berupa kebutuhan yang tidak terlayani di pasar saat ini atau inovasi teknologi baru.

Selalu pastikan bahwa peluang usaha tersebut nyata dan tidak dilebih-lebihkan.

Anda Punya Ide yang Akan Memberikan Nilai pada Pelanggan

Jika Anda mempunyai gagasan bahwa sejumlah besar pelanggan bersedia untuk membayar produk / jasa Anda, itu salah satu alasan bagus bagi Anda untuk memulai usaha sendiri.

Anda cukup memastikan bahwa tidak sedang membodohi diri sendiri dengan asumsi-asumsi terlalu berlebihan terkait produk / jasa yang akan dibeli pelanggan.

Anda Punya Ide Bisnis yang Sudah Divalidasi

Bisa jadi Anda sudah melakukan riset pasar, melakukan uji produk, hasil survei pelanggan atau data analisis lainnya. Jika Anda memiliki data kuat yang mendukung gagasan bisnis bahwa ada kebutuhan nyata untuk produk / jasa baru, ini langkah tepat bagi Anda untuk segera memulai bisnis.

Anda Memiliki Solusi yang Dapat Mencapai Sesuatu yang Unik

Salah satu alasan memilih bisnis yang benar adalah Anda melihat kebutuhan yang tidak terpenuhi atau masalah yang belum terpecahkan di pasar saat ini. Ini bisa menjadi alasan tepat untuk segera memulai bisnis.

Mungkin saja kompetitor yang sudah ada tidak dapat mengatasi masalah sebaik Anda atau mereka hanya memberikan solusi sebagian saja. Hal ini bisa menjadi ruang bagi produk / layanan milik Anda nantinya.

Anda Menikmati Belajar dengan Melakukan & Mengambil Tanggung Jawab Baru

Motivasi dari dalam diri sendiri sangatlah berperan besar untuk kesuksesan Anda berbisnis. Saat memulai usaha baru, Anda harus mengambil peran langsung hampir di sebagian besar aspek perusahaan.

Setidaknya, Anda perlu memahami dengan baik aspek pemasaran, penjualan, operasional, akuntansi dan sumber daya manusia. Jika Anda individu yang suka tantangan dengan terjun langsung, belajar sambil bisnis berjalan, kemungkinan besar kesuksesan dapat diraih.

Optimis Dengan Ide Bisnis Anda

Ada saatnya orang lain meragukan ide bisnis yang Anda miliki. Keraguan tersebut akan terus ada hingga Anda buktikan bisa berhasil. Kepercayaan diri sangatlah penting untuk mempertahankan moral yang tinggi dan tetap konsisten pada jalur bisnis yang tepat.

Anda Tidak Takut dengan Kegagalan

Keberhasilan dalam membangun bisnis merupakan jalan panjang yang tidak selalu mulus. Pada awalnya, bisnis akan terasa lambat dan berat. Tonggak baru akan selalu diikuti kemunduran.

Jika Anda memiliki sikap dan mental wirausaha yaitu selalu siap dengan kemunduran dan bangkit kembali, ini akan menentukan kesuksesan bisnis jangka panjang. Anda adalah pribadi yang cocok untuk menjadi wirausaha.

Anda Senang Bekerja Keras dan Memiliki Passion Kuat

Para pengusaha sukses memiliki hasrat dan kerja keras yang selalu beriringan. Bisnis-bisnis yang berhasil selalu berdiri orang-orang yang tanpa lelah mengejar hasratnya. Ini alasan memilih bisnis yang wajib dimiliki oleh Anda.

Anda Memiliki Pengalaman di Industri Bisnisnya

Bagi Anda yang memiliki pengalaman, wawasan, pemahaman di atas rata-rata di bidang industri bisnis yang akan digeluti, itu alasan kuat untuk tidak menunda membuka bisnis baru.

Anda memahami dengan baik target pasar, dinamika pasar, dan segala aspek tentang bidang usaha Anda. Inilah faktor penting yang akan sulit ditandingi bagi orang diluar industri usaha.

Dengan memanfaatkan pengetahuan dan koneksi yang dimiliki, Anda dapat mempercepat kemajuan perusahaan / bisnis.

Anda Memiliki Sumberdaya yang Dibutuhkan

Punya ide bisnis itu bagus, tetapi untuk memulai bisnis baru dibutuhkan sumber daya yang relevan untuk dapat mengubah ide tersebut menjadi nyata.

Sumber daya tersebut bisa saja berbentuk modal finansial, pengetahuan teknis, informasi, atau relasi bisnis yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda.

10 Alasan Terburuk Memulai Bisnis Anda Sendiri

Pengusaha sukses selalu memiliki alasan memilih bisnis sebagai kendaraan suksesnya. Mereka selalu mencintai apa yang dilakukan dan kesuksesan merupakan rewards yang dibutuhkan baginya.

Namun, penting untuk jujur ​​pada diri sendiri. Jika salah satu dari beberapa alasan tersembunyi di bawah ini ada dalam memulai bisnis, alangkah baiknya untuk menghentikan sejenak langkah Anda dan menyusun ulang rencana.

Membenci Pekerjaan Anda Saat ini

Ya, Anda bisa saja membenci pekerjaan saat ini, tetapi sikap tersebut tidak akan menambah nilai bagi bisnis yang hendak dibangun nantinya. Meninggalkan pekerjaan yang tidak disukai bisa saja menyenangkan. Akan tetapi, pastikan untuk memiliki alternatif yang dapat mendukung diri sendiri secara finansial.

Membenci Bos / Pimpinan Anda

Seperti membenci pekerjaan, membenci bos / pimpinan Anda tidak akan membuat ide bisnis lebih baik. Keputusan untuk memulai bisnis haruslah didasarkan pada alasan memilih bisnis yang terkait faktor bisnis tersebut, seperti adanya peluang dan memang layak untuk diwujudkan.

Perlu juga diingat, mungkin saja berurusan dengan pelanggan atau pemasok usaha Anda sama sulitnya berhadapan dengan bos Anda.

Terlalu Bernafsu dengan Uang

Memiliki uang yang banyak memang menggiurkan. Akan tetapi, jika ini menjadi alasan utama untuk membangun bisnis baru, sebaiknya pertimbangkan ulang rencana Anda.

Ketika memulai bisnis baru akan ada banyak tantangan yang harus dihadapi dan itu dibutuhkan ketahanan, semangat, dan tekad kuat. Jika hanya menginginkan uang semata, akan lebih sulit menghadapi tantangan tersebut, terutama jika bisnis Anda belum menghasilkan.

Apabila Anda menyukai apa yang hendak dilakukan, uang seharusnya tidak terlalu berarti bagi Anda.

Anda Berharap Dapat Sedikit Bekerja

Memulai bisnis baru akan sangat menyita waktu di awal. Waktu senggang yang biasanya ada saat bekerja dengan orang lain, bisa jadi tidak lagi ada saat membangun bisnis sendiri.

Akan selalu ada pekerjaan yang harus dituntaskan dan hanya Anda satu-satunya yang dapat memastikan itu bisa dilakukan.

Anda Ingin Lebih Banyak Fleksibilitas

Alasan buruk memulai bisnis baru hanya karena ingin bekerja di waktu yang diinginkan, bisa jadi hasilnya akan mengecewakan. Memang Anda sekarang menjadi bos, tetapi pelanggan tidak peduli dengan rencana libur atau waktu senggang Anda.

Pelanggan akan mencari kebutuhan kapanpun yang mereka mau. Anda harus siap merelakan waktu Anda.

Berasumsi Akan Lebih Mudah Daripada Pekerjaan Saat ini

Pastinya akan ada banyak kesulitan di pekerjaan saat ini. Tetapi, berasumsi bahwa dengan berbisnis sendiri pekerjaan jauh lebih mudah, itu juga salah besar.

Kewirausahaan menghadirkan serangkaian tantangan yang berbeda-beda. Akan tetapi, hal ini sama sekali tidak lebih mudah dari pekerjaan Anda saat ini.

Anda Hanya Ingin Menjawab Diri Sendiri

Sebagai seorang wirausaha, Anda harus menjawab siapa pun. Secara teknis, Anda tidak memiliki bos, tetapi Anda masih harus menjawab pelanggan, pemasok, dan karyawan.

Anda dapat memotong sendiri sebanyak yang diinginkan, tetapi setiap kelonggaran akan berdampak langsung pada bisnis Anda.

Anda Hanya Ingin Bersenang-Senang

Meskipun memulai dan menjalankan bisnis sendiri bisa sangat menyenangkan, Anda terikat untuk menemukan tugas-tugas yang membosankan. Terkadang, beban kerja akan terus meningkat.

Untuk menjadi pengusaha yang sukses, Anda harus menghadapi baik dan buruk dengan semangat tanpa henti. Nikmati saat-saat indah, tetapi jangan bergantung padanya agar bisnis terus berkembang.

Anda Ingin Menjadi Terkenal

Membangun kesadaran tentang perusahaan Anda dalam target audiens diperlukan, tetapi Anda perlu melihat publisitas sebagai sarana untuk mencapai tujuan dan bukan tujuan akhir.

Menjadi wirausahawan adalah membangun bisnis yang sukses dengan menciptakan dan memberikan nilai, bukan dengan menjadi selebriti.

Seorang Teman atau Anggota Keluarga Ingin Memulai Bisnis Bersama Anda

Hanya karena seseorang yang dikenal atau kagumi ingin bekerja bersama dengan Anda, itu seharusnya tidak membuat peluang bisnis menjadi menarik.

Selain itu, bahkan jika seorang teman atau anggota keluarga memiliki ide bisnis yang hebat, mencampur bisnis dengan hubungan pribadi dapat menjadi masalah.

Sumber www.thebalancesmb.com

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.