5 Tips Membangun Bisnis Online yang Sukses

0 36

Sebagian besar orang yang memutuskan meninggalkan / keluar dari pekerjaannya saat ini, mereka akan memulai bisnis online. Mereka memulai bisnis blogging, berjualan di marketplace, membangun website e-commerce, atau menulis / menerbitkan buku digital. Apa saja tips membangun bisnis online agar sukses? Simak lima poin penting dalam artikel ini.

Seseorang yang berusaha membangun bisnis online dari awal, tidak semuanya memiliki pemahaman yang benar tentang apa saja yang diperlukan agar sukses berbisnis. Tentu saja, sangat baik menetapkan tujuan dan mimpi besar di awal.

Akan tetapi, banyak sekali pebisnis pemula di berbagai tahap pengembangan tidak dapat memahami dengan baik apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Pastinya bisa menghasilkan milyaran dalam waktu 5 tahun sejak mulai berbisnis online itu adalah tujuan yang mengagumkan. (Baca Juga: 6 Keterampilan Wirausaha yang Perlu Dimiliki Pebisnis Pemula)

Namun, apakah Anda mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut dan tidak menyerah di tengah perjalanan? Untuk itulah tips membangun bisnis online ini menjadi penting bagi Anda untuk membantu mencapai tujuan.

5 Tips Membangun Bisnis Online yang Sukses

1. Menjadi Diri Sendiri

Ini salah satu poin terpenting sebelum melangkah lebih jauh. Mulailah dari diri sendiri. Jadilah diri Anda sendiri dalam membangun usaha. Bisnis merupakan perpanjangan dari Anda, tidak peduli seberapa besar atau kecil usaha tersebut.

Bisnis akan berhasil atau gagal dengan cara orang mempersepsikan merek Anda dan pada akhirnya bagaimana perasaan mereka saat berbisnis dengan Anda. Semua aspek bisnis Anda (kreasi produk, layanan pelanggan, dll) harus menghormati nilai-nilai yang Anda miliki.

Pepatah lama menyebutkan bahwa orang lebih tertarik berbisnis dengan orang yang mereka “percaya, kenal, atau suka”. Dalam konteks perusahaan besar pun, orang ingin melihat CEO-nya keluar mewakili perusahaan dan berbicara atas nama perusahaan.

Kuncinya adalah orisinalitas. Anda harus menjadi diri sendiri, apakah itu tipe canggih, halus, tegas, lembut, dan lain sebagainya. Anda harus mengetahui apa yang cocok dengan Anda dan audiens target pasar. Tetapi satu hal yang dijamin mengalami kegagalan, yaitu tidak orisinal / otentik.

Sebaliknya, jika Anda merasa tidak nyaman menjadi perwakilan dari usaha / bisnis Anda, maka solusinya dengan membuat beberapa tipe persona yang mewakili perusahaan dan merek, serta memanusiakan bisnis Anda sebanyak mungkin.

2. Berikan Nilai Tambah

Tips membangun bisnis online berikutnya adalah memberikan nilai tambah. Sederhananya, tetapkan tolak ukur untuk diri Anda dengan produk / layanan yang akan ditawarkan, cobalah melampauinya.

Poin ini penting untuk penawaran awal usaha Anda. Hal ini karena kesan pertama yang kuat dapat memberikan pelanggan seumur hidup. Bayangkan saja kebahagiaan di wajah pelanggan Anda karena mendapatkan yang terbaik.

Ini merupakan hadiah bagi Anda karena telah memberikan begitu banyak nilai dengan biaya cukup rendah. Pastinya, harapan memang akan selalu tinggi, berusahalah untuk mewujudkan harapan tersebut.

Biaya rendah tidak selalu mengacu pada harga sebenarnya. Berkompetisi dalam harga sebenarnya bukan cara terbaik untuk bersaing. Sebaliknya, Anda harus dapat mempersepsikan harga menjadi nilai yang besar dari sudut pandang klien, meskipun membebankan harga premium.

Memberikan nilai tambah juga berarti melampaui tugas setiap saat. Hal ini bertujuan agar bisnis bukan sekedar menjadi “bussiness as usual“, tetapi juga pemimpin pasar.

Ingat, tujuan pelanggan bukanlah untuk melakukan penjualan, melainkan tujuan penjualan adalah mendapatkan pelanggan. Bangunlah pengalaman pembelian pertama klien dengan luar biasa dan mereka akan terus membeli produk / layanan Anda berulang-ulang. Hal ini akan memaksimalkan pendapatan usaha.

3. Fokus pada Melayani, Bukan Menjual

Salah satu kutipan favorit dari Zig Ziglar, “Anda akan mendapatkan semua yang diinginkan dalam hidup, jika Anda membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan.” Ini salah satu poin penting dalam tips membangun bisnis online agar sukses.

Pelatihan dan pengajaran dikenal sebagai profesi “memberi”, tetapi pada abad ke-21, bisnis-bisnis harus mengadaptasi teknik tersebut untuk mendapatkan kepercayaan klien dan akhirnya melakukan penjualan.

Pelajari cara identifikasi masalah, kekhawatiran, dan masalah di target audiens bisnis Anda. Hal ini untuk menciptakan dan memposisikan penawaran yang lebih baik sebagai solusi terbaik di pasar.

Semakin baik Anda berbicara dan berhubungan dengan pelanggan melalui copywriting yang efektif, semakin mereka menyadari bahwa Anda merupakan solusi bagi masalah mereka.

Mungkin muncul pertanyaan, “Berapa banyak uang yang bisa dihasilkan untuk diri sendiri?”. Walaupun terdengar klise, sebaiknya jangan pikirkan uang tersebut. Sebagai pelaku bisnis, uang akan mengikuti jika Anda dapat menunjukkan manfaat layanan / produk kepada klien dengan ideal.

4. Temui dan Berkomunikasi dengan Klien Anda Dimanapun

Poin ini juga tak kalah penting dalam tips membangun bisnis online agar berhasil dan sukses. Kehadiran sosial media membuat dunia beralih dari ekonomi berbasis penjualan yang didominasi perusahaan ke ekonomi berbasis kepercayaan.

Pada masa lalu, perusahaan dominan dapat mengandalkan loyalitas merek secara “buta” dari pelanggannya untuk menjamin keuntungan tetap. Bahkan, itu terjadi walaupun produk / layanan purnajualnya sangat kurang.

Hal tersebut tidak lagi berlaku. Saat ini, benar-benar terjadi persaingan global di berbagai industri. Kesalahan atau kelemahan terkecil yang ditunjukkan oleh perusahaan akan cepat terekspos. Isu kecil akan bisa menyebar secara viral melalui media sosial. Isu ini bisa dimanfaatkan oleh kompetitor dengan kejam.

Di sisi positifnya, saat digunakan dengan benar, pemasaran melalui media sosial seperti Facebook akan memberikan peluang besar bagi pengusaha dan wirausaha kecil. Ini merupakan cara yang hebat bagi pelanggan untuk loyal dan antusias dengan merek atau bisnis Anda. (Baca Juga: Cara Menggunakan Facebook untuk Bisnis)

5. Selalu Bersyukur

Sangatlah mudah melupakan orang-orang yang memberikan saran, memperkenalkan kepada pemasok utama, atau mendengarkan ide-ide bisnis Anda. Mungkin sebagian besar dari orang-orang ini tidak akan tersinggung jika Anda tidak lagi menghubungi mereka. Mereka mungkin paham bahwa Anda sibuk dan memiliki kewajiban yang membutuhkan banyak waktu.

Namun, bagian penting dari kisah sukses apapun adalah dengan memperhatikan detail-detail kecil dan mengatakan “terima kasih” kepada mentor Anda.

Sangat penting untuk tetap berkomunikasi dengan orang-orang yang memberikan andil bagi Anda sekecil apapun itu. Mereka akan menghargai Anda dan mengingatkan bahwa mereka telah membantu seseorang mencapai tujuannya.

Selain itu, sikap ini akan memberikan peluang bagi mereka untuk memperkenalkan Anda pada audiens-nya, menggunakan keberhasilan Anda sebagai contoh sukses sehingga berpotensi mendorong lebih banyak calon pelanggan dalam bisnis.

Terapkan lima tips membangun bisnis online di atas untuk meletakkan dasar bagi bisnis jangka panjang, berkelanjutan dan tentunya menguntungkan.

Sumber www.thebalancesmb.com

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.