Partner Informasi Bisnis Terpercaya

5 Tips Mengelola Keuangan Usaha Wirausaha Kecil

0 22

Ada banyak tantangan yang berbeda saat memulai dan mengelola usaha kecil. Salah satu tantangan yang menempati urutan teratas adalah mengelola keuangan usaha bagi wirausaha kecil. Jika Anda salah satu wirausaha membutuhkan panduan terkait bagaimana mengelola keuangan, berikut lima tips untuk Anda!

Mungkin ada banyak cara dalam melakukan perombakan keuangan bisnis kecil dengan memodifikasi proses operasional bisnis. Akan tetapi, ada beberapa hal mudah yang bisa dilakukan dalam manajemen bisnis sehari-hari untuk mengelola keuangan usaha wirausaha kecil.

Lima kiat ini bisa dilakukan untuk mengelola keuangan usaha bagi wirausaha kecil agar lebih efektif.

#1 Hindari mencampuradukkan rekening usaha dan pribadi.

Ini hal pertama perlu dilakukan bagi pemilik bisnis kecil. Seringkali, banyak pebisnis pemula masih mencampuradukkan rekening keuangan pribadi dan usahanya.

Ada banyak alasan Anda harus memisahkan benar-benar antara akun rekening usaha dengan rekening pribadi. Termasuk juga di dalamnya terkait pajak, liabilitas pribadi, catatan akuntansi, dan lain sebagainya.

Apabila segala sesuatunya menjadi ketat, tahan keinginan untuk mengamankan keuangan usaha Anda dengan dana pribadi. Hal ini akan membuat kacau keuangan seluruhnya di masa depan.

Cara terbaik untuk mengelola keuangan usaha bagi wirausaha kecil seperti Anda adalah memisahkan dengan jelas sejak awal pengeluaran Anda. Sebaiknya, tetapkan anggaran pribadi dan anggaran bisnis. Patuhi dengan baik komitmen tersebut.

Hal ini dilakukan agar tidak ada tumpang tindih penggunaan kartu kredit atau pinjaman, misalnya, untuk bisnis atau pribadi. Tim akuntan juga pasti akan merekomendasikan hal tersebut ketika Anda mulai menggunakan jasa mereka untuk mengelola keuangan bisnis dan pajak.

#2 Bernegosiasi dengan vendor sebelum menandatangani kontrak.

Terkadang, Anda harus menggali sedikit lebih dalam untuk mendapatkan penawaran terbaik. Saat melakukan pembelian barang dari vendor atau melakukan kontrak dengan pemasok, cobalah bernegosiasi untuk kesepakatan yang lebih baik.

Sebelum mengambil keputusan kerjasama kontrak, jangan lupa memeriksa persyaratan pembelian seperti denda keterlambatan pembayaran, tempo pembayaran, dll.

#3 Bayar tagihan bisnis Anda tepat waktu, setiap saat.

Tidak jauh berbeda dengan memperlakukan keuangan pribadi, penting untuk membayar semua tagihan bisnis tepat waktu. Biaya keterlambatan pembayaran pinjaman usaha atau kartu kredit sangat merugikan.

Tak hanya itu, biaya keterlambatan pembayaran pada vendor atau tagihan listrik, misalnya, secara konsisten bisa juga merugikan. Demikian juga pembayaran pajak, terlambat bisa mendapatkan sanksi.

Siapkan pengingat rutin untuk memastikan tidak ada tagihan bisnis yang melewati jatuh tempo. Untuk bisnis yang baru dibuka, margin laba rugi sangat tipis. Menghindari biaya keterlambatan bisa menjadi pembeda, laporan akhir tahun untung atau rugi.

#4 Jadikan berhemat sebagai kebiasaan.

Kebiasaan berhemat menjadi penting bagi pebisnis pemula dalam menjalankan usahanya. Tidak perlu mengubah secara ekstrim kebiasaan berhemat.

Beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk berhemat seperti membeli peralatan / perabot kantor bekas, berhemat pada utilitas, dan lain sebagainya.

#5 Meluangkan waktu untuk ikut kelas keuangan / akuntansi bisnis dasar.

Menjadi pemilik bisnis kecil tidak otomatis menjadikan Anda mahir dalam keuangan. Anda masih harus membuat keputusan tepat terkait keuangan perusahaan. Jadi, meskipun menyewa seorang akuntan, Anda tetap harus mengetahui dengan baik dasar-dasar akuntansi bisnis.

Anda bisa mengikuti kelas pengantar keuangan / akuntansi bisnis secara online atau offline di komunitas. Pelajari dengan baik mengenai arus kas bisnis kecil Anda.

Semakin memahami keuangan dan arus kas bisnis, maka Anda semakin siap untuk membuat keputusan pengelolaan keuangan dengan cerdas. Jadilah proaktif dalam mengelola keuangan bisnis Anda, tidak peduli seberapa besar tantangannya.

Sumber www.thebalancesmb.com
Berlangganan Newsletter
Dapatkan info terbaru tentang bisnis, peluang usaha, keuangan langsung di email Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.