Partner Informasi Bisnis Terpercaya

6 Keterampilan Wirausaha yang Perlu Dimiliki Pebisnis Pemula

0 59

Ada banyak wirausaha pemula yang belum mengetahui dengan baik tentang keterampilan / skill apa yang dibutuhkan agar bisnis menjadi sukses. Setidaknya, siapkan 6 keterampilan wirausaha paling mendasar ini ketika ingin membangun bisnis.

Sebagian besar pengusaha sukses selalu termotivasi untuk berinvestasi bagi pengembangan dirinya, termasuk membangun keterampilan / skill berharga. Keterampilan ini nantinya akan meningkatkan kekuatan mereka dari waktu ke waktu. Pemilik bisnis pastinya selalu membuat perencanaan bisnis terkait apa yang ingin dicapai di setiap tahunnya.

Keterampilan yang penting bagi wirausaha baru selalu saja berbeda dari waktu ke waktu. Tahun ini dengan 5-10 tahun yang lalu, tentu saja berbeda. Banyak skill yang berdasarkan teknologi, tetapi beberapa diantaranya didasarkan pada cara karyawan dapat bekerja.

Selalu gunakan tren untuk membantu diri Anda membangun operasi bisnis yang sukses di masa depan.

Jika bisnis ingin lebih sukses di masa depan, terapkan 6 keterampilan wirausaha berikut ini.

#1 Keterampilan Teknologi

Sebagian besar usaha / bisnis di era digital saat ini selalu mengandalkan teknologi sebagai komponen utama di setiap lininya. Sebenarnya, pemilik bisnis tidak perlu menjadi pakar teknologi informasi. Yang dibutuhkan hanya berinvestasi pada karyawan / konsultan yang mempunyai keahlian tersebut.

Calon pelanggan atau klien ingin mempelajari bisnis Anda melalui website yang mudah diakses melalui seluler atau media sosial. Mereka ingin melakukan efisiensi proses pembelian dengan memesan secara online dan membayar via smartphone-nya.

Bisnis yang efisien mengandalkan jaringan komputer modern yang menghubungkan karyawan satu dengan lainnya, serta terkoneksi dengan klien. Dalam hal pencatatan, memiliki penyimpanan digital di cloud computing bisa jadi berperan penting.

#2 Orisinalitas

Salah satu keterampilan penting wirausaha dari 6 skill yang dibutuhkan, yakni orisinalitas. Apabila Anda bukan satu-satunya toko gadget di suatu wilayah, maka Anda harus menjual gadget dengan cara tidak seperti yang dilakukan kompetitor.

Sederhananya, temukan kekosongan di komunitas yang belum digarap dan isilah. Tidak berarti bisnis Anda harus unik, tetapi yang pasti harus ada permintaan.

Sebagai contoh, sudah ada 5 toko pizza di wilayah Anda. Akan tetapi, setelah dilakukan riset belum cukup memenuhi permintaan akan pizza. Jangan takut untuk menjadi yang keenam.

Walaupun masih ada permintaan untuk toko pizza yang keenam, tetap tawarkan sesuatu dalam produk atau layanan yang bisa jadi diabaikan oleh kompetitor. Buat bisnis Anda berbeda.

#3 Media Sosial

Skill media sosial menjadi bagian penting tak terpisahkan dari 6 keterampilan wirausaha yang harus dimiliki saat ini. Mirip dengan aspek teknologi sebelumnya, pengaruh media sosial hampir memasuki berbagai lini bisnis.

Pelanggan akan mencari bisnis Anda di Instagram, Twitter, Facebook, LinkedIn, dll. Anda berpeluang membentuk merek atau reputasi melalui media sosial tersebut.

Media sosial juga digunakan untuk menjaga agar klien dan mitra bisnis tetap mengetahui perkembangan bisnis Anda. Selain itu, media sosial dimanfaatkan untuk melibatkan koneksi dengan target audiens serta membuatnya jauh lebih mudah bagi audiens terhubung dengan Anda.

Akun media sosial yang aktif akan membuat follower tetap terhubung dan mendapatkan informasi penting dari usaha / bisnis perusahaan.

#4 Membangun Hubungan / Relasi

Tak kalah penting, keterampilan membangun relasi dan jaringan haruslah dimiliki oleh pebisnis pemula. Berteman dan membangun relasi yang saling menguntungkan akan memberikan potensi peluang baru di masa depan.

Aktiflah berorganisasi dalam komunitas bisnis dan berkolaborasi dengan bisnis lain sebanyak mungkin. Konsultasikan atau kontrak dengan usaha desain lokal untuk membuat logo bisnis Anda. Cari peluang mempromosikan silang dengan bisnis yang saling terkait. Kolaborasi dengan cara mensponsori kegiatan masyarakat bisa juga dilakukan.

#5 Perekrutan dan Talent Sourcing

Saat Anda mulai membangun bisnis baru, sebaiknya memiliki beberapa orang yang dikenal untuk diandalkan. Dalam kondisi ideal, orang-orang tersebut berbagi visi dan antusias dalam memberikan hasil yang terbaik.

Walaupun dalam faktanya, kondisi tersebut tidak selalu realistis, penting bagi Anda memiliki orang-orang terbaik untuk membangun staf. Orang-orang tersebut bisa jadi hanya beberapa orang, tetapi sepenuhnya memahami dengan baik apa yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Contohnya, jika Anda seorang koki berbakat yang ingin membuka restoran sendiri, mungkin membutuhkan manajer bisnis berpengalaman untuk mendukung operasional bisnis. Percayakan kepada beberapa orang yang menjadi inti untuk melakukan pekerjaan tersebut dan dikelilingi oleh staf berbakat.

#6 Perumusan Strategi

Untuk tahun-tahun pertama bisnis, sebaiknya memiliki sasaran / target yang terbagi menjadi triwulanan atau bulanan. Perlu perencanaan yang baik terkait pemasaran, pembiayaan, manajemen SDM, dan bagian lainnya dalam bisnis.

Melakukan analisis SWOT secara terperinci adalah cara baik agar Anda dan tim bisa berpikir secara strategis. Di tahun-tahun awal beroperasi, strategi bisnis harus ditinjau secara rutin agar dapat dipastikan masih sesuai dengan dinamika pasar.

BONUS: 6 Keterampilan Wirausaha yang Wajib Dimiliki oleh Pebisnis Pemula

#7 Fleksibilitas

Saat ini, semakin banyak karyawan yang mencari fleksibilitas terkait jam kerja dan lokasi kerjanya. Jika ingin merekrut talenta-talenta terbaik, sering kali harus bisa memberikan fleksibilitas tersebut.

Jika karyawan bisa bekerja sebagian jam kerja atau full-time dari jarak jauh (remote working), mampu meningkatkan moral dan efisiensi bagi karyawan.

Selain itu, jika memungkinkan fleksibilitas karyawan mendapat jam kerjanya, membuat pekerjaan lebih menarik bagi para kandidat. Dengan memanfaatkan teknologi untuk bekerja dari mana saja, Anda menjaga bisnis dan karyawan tetap kekinian dengan tren modern. Pemanfaatan teknologi juga dapat membantu mengurangi biaya overhead.

#8 Manajemen Keuangan

Skill wirausaha yang juga harus dimiliki adalah pengelolaan keuangan bisnis dengan baik. Bisa jadi Anda mahir dalam pengelolaan keuangan, tetapi jika tidak, sebaiknya mempekerjakan seseorang yang memiliki kemampuan tersebut.

Pengelolaan keuangan yang baik akan meminimalkan potensi risiko kerugian yang tinggi. Pastinya, Anda harus memiliki modal awal yang cukup untuk menutupi kerugian di awal. Setelah bisnis mulai menguntungkan, miliki perencanaan kemana keuntungan tersebut diarahkan.

Tergantung pada sifat bisnisnya, Anda mungkin ingin memperluas, membuka cabang tambahan, atau berinvestasi dalam mengembangkan produk baru.

Apa pun prioritasnya, rencanakan untuk sampai ke sana dan bagaimana Anda akan mendanainya.

#9 Manajemen Kegagalan

Sering kali, bisnis yang baru dibangun akan mengalami banyak hambatan dan kesulitan, bahkan berpotensi mengalami kegagalan. Tak peduli seberapa baik perencanaan bisnis Anda atau seberapa hebat orang-orang yang dipekerjaan, selalu siap untuk menghadapi risiko terburuk dalam bisnis.

Dengan memahami risiko tersebut, Anda bisa menganggarkan pengeluaran tak terduga dan persiapan mental untuk tidak panik. Jika Anda bisa merespons dengan cepat dan tenang di saat krisis, tim inti akan mengikuti, begitu pula staf di bawahnya.

Itulah beberapa keterampilan penting yang perlu dimiliki oleh setiap pebisnis pemula saat memulai bisnisnya. Skill tersebut harus terus diasah untuk semakin membuat diri Anda lebih matang menjadi seorang pengusaha.

Sumber www.thebalancesmb.com
Berlangganan Newsletter
Dapatkan info terbaru tentang bisnis, peluang usaha, keuangan langsung di email Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.