Partner Informasi Bisnis Terpercaya

Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

0 23

Berpikir untuk mencari uang tambahan? Bagaimana ya caranya? Salah satu alternatif mendapatkan penghasilan yang bisa dicoba adalah dari internet. Berikut ulasan lengkap tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula!

Ruang bisnis online didominasi oleh para pemain utama, seperti marketplace semacam Alibaba, Ebay, Tokopedia, Shopee, dll. Tapi, tak bisa dipungkiri bahwa masih ada peluang bagi siapa pun untuk dapat mengeruk uang dari internet dengan memulai bisnis online menguntungkan.

Apapun jenis produk / bisnis Anda, apapun niche pasar yang Anda target, tetap ada tempat bagi siapapun juga di dunia online. Dengan dukungan strategi, alat, layanan yang tak terbatas bagi pengusaha online, akan jauh lebih mudah untuk menghasilkan uang dari internet.

Tapi, bagaimana ya cara mendapatkan uang dari internet terutama untuk pemula??? Tetap simak ulasannya…

Siapapun Anda, pemula sekalipun, ada peluang meraih keuntungan di pasar online. Ada beberapa faktor positif yang mendukung hal tersebut, diantaranya:

  • Semakin banyak orang yang berbelanja online. Menurut pengamat, sebagian besar orang Indonesia kini mulai berbelanja online secara teratur.
  • Peralatan online dan software yang tersedia memungkinkan bagi siapa pun juga untuk membangun dan mengelola bisnis online-nya sendiri, seperti membuat situs e-commerce. Ini bisa dilakukan dengan modal yang murah, bahkan tanpa modal!
  • Marketing online jauh lebih mudah dan murah, sekali lagi, siapa pun juga dapat melakukannya. Platform media sosial semacam Instagram, Facebook, Twitter dapat meningkatkan dan mendekatkan Anda dengan pelanggan.

Akan tetapi, pertanyaannya adalah bagaimana cara memulai mendapatkan uang dari internet untuk pemula? Bagaimana caranya beralih dari kondisi Anda saat ini menuju ke pendapatan pasif (passive income) yang memungkinkan untuk keluar dari rutinitas sehari-hari dan menikmati kebebasan finansial?

Bagaimana pun hidup yang sedang dijalani, Anda harus memulainya dari nol. Berikut ini langkah-langkah membangun bisnis online sebagai cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula. Metode yang digunakan telah terbukti digunakan oleh banyak pengusaha bisnis online sukses.

Memilih Pasar yang Menguntungkan

Dalam poin ini, Anda harus menyisihkan ego pribadi sejenak.

Bisa jadi, Anda telah memiliki “bisnis impian” selama bertahun-tahun di benak Anda. Mungkin terpikir bahwa niche tertentu sangat menguntungkan atau produk tertentu akan dengan laris terjual.

Akan tetapi, hal tersebut tidak akan diketahui sebelum Anda melakukan riset pasar sebenarnya. Tak ada gunanya Anda berinvestasi modal awal, uang dan waktu, sampai mengetahui secara pasti bahwa pasar tertentu memang layak untuk dikejar.

Intinya, Anda harus memulai dengan melihat pasarnya terlebih dahulu. Identifikasi niche pasar apa yang populer saat ini atau jenis produk apa yang sedang diincar. Akan tetapi, berhati-hati dengan hype sesaat saja.

Pertimbangkan untuk memilih pasar yang stabil dan jangka panjang, meliputi:

  • Travelling
  • Video game
  • Fotografi
  • Program penurunan berat badan
  • Obat herbal dan nutrisi
  • dan pasar stabil lainnya…

Cara untuk mengidentifikasi mana pasar yang sedang hot adalah dengan melihat / meriset para penjual online di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dll. Lihat iklan yang banyak dipromosikan di media atau apa yang sedang banyak dibicarakan di media sosial. Sumber-sumber ini akan memberikan petunjuk dalam menemukan pasar yang potensial dan menguntungkan.

Mungkin saja itu berlawanan dengan intuisi yang Anda miliki dengan melihat banyak persaingan di pasar tersebut. Ini sebenarnya pilihan terbaik, setidaknya bagi pemula. Bukan untuk menjadi perintis untuk kali pertama. Sebagai pemula, Anda sebaiknya hadir di sekelompok orang yang siap untuk membeli.

Selain itu, setelah mendapatkan pasar yang terbukti menguntungkan, cocokkan dengan sesuatu yang diminati. Ada banyak pasar potensial untuk dimasuki dan akan semakin menguntungkan untuk jangka panjang jika sesuai dengan passion Anda.

Cara Termudah untuk Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula: Pemasaran Afiliasi (Affiliate Marketing)

Jika sudah menemukan pasar potensial untuk mendapatkan keuntungan, saatnya menentukan apa yang harus dijual. Untungnya, ada cara termudah yang tidak memerlukan produksi dan pengembangan produk Anda sendiri. Caranya dengan memanfaatkan produk yang sudah terbukti menguntungkan. Inilah yang disebut sebagai affiliate marketing.

Melalui metode ini, produk-produk pilihan terbukti dapat dijual dengan mudah. Anda pun tak perlu mengkhawatirkan tentang penyimpanan, pengiriman, mengelola pesanan, retur, dll.

Metode pemasaran afiliasi, Anda dapat melakukan promosi produk melalui situs e-commerce milik Anda, sedangkan perusahaan pembuat produk yang akan menangani sisanya. Sebagai afiliasi, Anda akan mendapatkan komisi (jumlahnya bervariasi tiap produk) setiap ada orang yang membeli produk. Inilah cara mudah mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang bisa dicoba.

Ada banyak perusahaan yang menawarkan program afiliasi tersebut, seperti Tokopedia, Bukalapak, AccessTrade, ClickBank, dll. Marketplace sekelas Amazon menawarkan program afiliasi dengan jutaan produk dengan komisi yang lumayan.

ClickBank berfokus kepada produk-produk informasi (e-book), walaupun ada juga produk fisiknya. Anda bisa memilih perusahaan yang memang sesuai dengan niche pasar yang diminati. Setiap industri biasanya menawarkan program afiliasi tersebut dan Anda bisa menggali informasinya lebih jauh.

Cara Lain Mendapatkan Uang dari Produk Menguntungkan

Pemasaran afiliasi merupakan cara mudah untuk mulai terjun ke bisnis online dan mulai mendapatkan uang. Model seperti itu memang memiliki potensi yang menguntungkan dan bisa ditingkatkan dengan mudah.

Akan tetapi, tak hanya metode affiliate marketing yang menawarkan cara mendapatkan uang dari internet bagi pemula. Anda pun bisa menggunakan metode lain tanpa harus memiliki modal besar.

Salah satu metode menguntungkan tersebut adalah sistem dropship. Sistem ini sebenarnya mirip dengan affiliate marketing. Dalam model ini, Anda dapat menjual produk dari perusahaan lain. Anda bisa memasarkannya melalui website, media sosial, atau marketplace.

Bedanya, kali ini Anda ikut andil dalam memproses pesanan. Saat order datang, Anda mengirimkan ke mitra dropship yang biasanya grosir atau produsen. Anda membayar kepada produsen tersebut, lalu produsen akan mengirimkan produk tersebut langsung ke pelanggan Anda. Anda bisa menemukan sistem dropship ini pada Dusdusan.com, DropshipAja, dll.

Keuntungan didapatkan dari uang yang di-markup dari pembeli yang produk kepada Anda dengan yang dibayarkan kepada produsen.

Biasanya, produsen menawarkan produk-produk whitelabel, yang artinya bisa menggunakan label bisnis Anda sendiri. Cukup cantumkan merek dan nama bisnis Anda di produk tersebut. Banyak bisnis online yang mengkombinasikan dengan sistem dropship. Produk-produk kesehatan, elektronik, rumah tangga merupakan niche abadi dan terbuka lebar.

Pastinya, jika sudah siap membuat produk sendiri, Anda bisa melakukannya. Akan tetapi, membuat produk fisik dibutuhkan investasi yang besar dengan risiko kegagalan jauh lebih besar.

Untuk meminimalkan risiko dalam menjual produk sendiri yaitu dengan membuat produk digital, seperti ebooks, video, program audio, template website, dll. Sebagai contoh, jika Anda fokus pada niche produk olahan organik, maka Anda bisa membuat ebook tentang bagaimana menanam buah-buahan secara organik. Atau, video yang menampilkan tentang bagaimana teknik terbaik dalam pengendalian hama tanpa pestisida.

Jika produk digital, maka untuk penyimpanan bisa dilakukan di cloud atau hard-drive. Anda bisa menjualnya secara online. Biayanya pun terbilang cukup rendah dan lebih mudah. Satu-satunya yang dibutuhkan dalam pengembangan produk digital yaitu keahlian dan waktu lebih banyak.

Siapkan Website Anda untuk Kontrol Lebih Maksimal

Anda sudah memiliki pasar dan produk sendiri. Sekarang, waktunya mengatur toko online tempat Anda memasarkan dan menjual produk.

Sebenarnya, membuat website tidak harus pandai di bidang IT atau harus menyewa developer web. Dengan program dan software serta layanan online yang ada saat ini, Anda pun bisa membuat website profesional agar bisnis online berkembang.

Bagian yang terbaik adalah Anda bisa mendapatkannya dengan biaya murah, bahkan gratis. Anda bisa menggunakan WordPress yang menawarkan template dan plugin toko online siap pakai secara gratis.

WordPress merupakan platform blogging dan website yang tangguh dengan beragam plugin dan aplikasi untuk mengoptimalkan mesin pencari, strategi marketing, analisis pelacakan pengunjung, dan banyak fungsi lainnya. (Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Website dengan Mudah)

Selain itu, Anda perlu memilih nama domain dan hosting yang sesuai untuk membangun website. Banyak provider / perusahaan hosting menawarkan layanan hosting dan pendaftaran domain dengan harga terjangkau.

Anda pun bisa menyewa seorang profesional untuk membangun website tersebut, yang pastinya dibutuhkan biaya lebih besar. Dengan memiliki website sendiri, maka itu pemasaran selama 24/7 dan memegang kendali atas bisnis online Anda sendiri.

Sumber www.thebalancesmb.com
Berlangganan Newsletter
Dapatkan info terbaru tentang bisnis, peluang usaha, keuangan langsung di email Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.