Partner Informasi Bisnis Terpercaya

7 Cara Menghasilkan Uang dari Rumah Termudah

0 7

Anda mencari cara bagaimana menghasilkan uang dari rumah dengan mudah? Siapapun Anda, pengangguran, ibu rumah tangga, mahasiswa, pekerja freelance, dll, beberapa cara ini bisa dilakukan.

Ya, Anda datang ke tempat yang tepat jika ingin mencari informasi tentang cara menghasilkan uang dari rumah. Dalam artikel ini akan dibahas 7 cara teratas yang bisa dilakukan oleh siapa pun juga untuk memperoleh penghasilan. Tentu saja, hal ini didukung penuh oleh fasilitas internet.

Salah satu hal terhebat dari internet adalah Anda bisa memulai bisnis sendiri dengan nyaman dari rumah. Yang dibutuhkan hanya koneksi internet dan Anda bisa menghasilkan uang dari rumah.

Dengan memiliki pekerjaan berbasiskan internet, Anda akan terbebas dari rutinitas sehari-hari sehingga memberikan lebih banyak waktu untuk bepergian, menikmati hobi, bersama keluarga, dll.

Keunggulan lainnya yaitu ada begitu banyak cara menghasilkan uang dari rumah melalui online. Sebelum memulainya, yang perlu dilakukan adalah identifikasi niche pasar yang menguntungkan dan sesuai dengan diri Anda. Anda juga tidak perlu mempekerjakan karyawan, sewa ruangan, atau membeli banyak peralatan. (Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet Bagi Pemula)

Berikut ini 7 cara menghasilkan uang dari rumah melalui online yang termudah:

#1 Pemasaran Afiliasi

Salah satu cara termudah untuk menghasilkan uang dari rumah dengan online adalah melalui pemasaran afiliasi (affiliate marketing). Ya, cara ini merupakan yang paling populer dalam menghasilkan uang dari online.

Untuk memulai menjadi wirausahawan internet dengan pemasaran afiliasi, Anda membutuhkan website Anda sendiri. Bisa menggunakan platform media sosial, blog / website, iklan banner, halaman penjualan, web e-commerce. Alih-alih menjual produk sendiri, Anda menjual produk dari perusahaan lain.

Pilihlah niche pasar untuk afiliasi yang populer, pilih satu dengan banyakk pelanggan potensial. Lihatlah media sosial untuk mengetahui tren terkini dan juga lihat apa yang sedang banyak dipromosikan di website semacam Ratakan (marketplace digital), ClickBank, Bukalapak, dll.

Buatlah konten yang menarik untuk menarik calon pelanggan (prospek) membeli produk tersebut.

Apabila pelanggan di platform digital tersebut mengklik tautan dan melakukan pembelian, maka mereka akan dibawa ke situs mitra afiliasi untuk menyelesaikan transaksi. Setiap penjualan yang terjadi melalui tautan afiliasi, Anda akan mendapatkan komisi. Yang terbaik dari sistem ini adalah Anda tak perlu berurusan dengan pengiriman atau layanan pelanggan.

Bisnis pemasaran afiliasi merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari rumah yang termudah dan tercepat. Yang dilakukan hanyalah mempromosikan produk. Anda tak perlu pusing bagaimana membuat produk, mengatur sistem pembayaran, pengiriman, atau penanganan dukungan pelanggan.

Anda hanya mengarahkan traffic dan membuat prospek mengklik ke perusahaan yang dipromosikan sebagai afiliasi. Jika terjadi penjualan dari klik tersebut, Anda akan mendapatkan komisi.

#2 Menjual Produk di Marketplace Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dll

Cara lain menghasilkan uang dari rumah paling mudah adalah dengan berjualan secara online dengan memanfaatkan kekuatan website pihak ketiga. Website marketplace semacam Tokopedia, Shopee, Bukalapak, BliBli merupakan platform penjualan dan pemasaran yang kuat dengan basis pelanggan besar. Jutaan orang secara teratur berbelanja di marketplace tersebut dan jumlahnya terus bertambah.

Marketplace tersebut memudahkan bagi Anda untuk membuat toko online sendiri sehingga pelanggan bisa menelusuri produk-produk. Anda tidak perlu membuat toko online sendiri.

Selain itu, marketplace tersebut juga menawarkan beragam fitur yang sangat memudahkan bagi penjual untuk mempromosikan produknya. Semuanya bisa dimulai dengan gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan kendala teknis dalam membuat website e-commerce sendiri.

Jika Anda berfokus mendapatkan calon pelanggan dari luar negeri, bisa mencoba marketplace semacam AliExpress, Ebay, Amazon, Etsy, Craiglist.

#3 Blogging

Ini merupakan cara terkuno dan masih potensial. Apabila Anda bisa membuat konten tulisan yang bermanfaat, maka Anda bisa menarik orang-orang dengan informasi dan produk dari niche yang dipilih. Pembaca akan terus mencari tahu lebih mendetail tentang konten yang ditawarkan.

Orang-orang ini siap membeli produk-produk melalui iklan atau tautan afiliasi dalam postingan Anda. Mengapa? Karena Anda menyediakan konten gratis bermanfaat yang tertarget. Orang-orang sudah mengenal dan memercayai Anda.

Anda harus membuat website / blog online juga menarik di mata mesin pencari, seperti Google, dengan cara menambahkan informasi bermanfaat secara teratur melalui artikel, video, dll. Hal ini akan membantu blog / website Anda berada di peringkat terbaik di mesin pencari Google, khususnya halaman satu Google.

Cara menghasilkan uang dari blog bisa beragam cara. Anda bisa mempromosikan produk / layanan sendiri, memasang iklan di blog, website keanggotaan, dll. (Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari WordPress dengan Mudah)

#4 Niche Khusus E-Commerce

Sebagai seorang wirausahawan internet pemula, tentunya Anda tidak perlu bersaing dengan raksasa e-commerce atau perusahaan ritel raksasa. Anda juga tidak membutuhkan gudang penyimpanan dan sistem logistik untuk menjual barang dagangan.

Yang dibutuhkan untuk sukses adalah fokus bisnis yang tertarget. Dengan kata lain, Anda harus menemukan niche pasar dan pertahankan. Dengan begitu, usaha / bisnis tersebut akan menjadi pakar dan tampil paling atas di mesin pencari.

Jangan lupa bahwa tetap harus ada pasar untuk niche Anda tersebut. Sebagai contoh, Anda mungkin saja jago melukis karya-karya klasik, akankah keahlian tersebut menarik banyak orang? Ini yang perlu dijawab. Kuncinya adalah memiliki fokus bisnis yang khusus tetapi bisa menarik audiens.

#5 Membangun Saluran YouTube

Seorang Youtuber top bisa menghasilkan uang ratusan juta bahkan lebih setiap tahunnya, termasuk Youtuber anak-anak yang berusia 5 tahun. Sebagai contoh, Youtuber PewDiePie telah menghasilkan lebih dari $15 juta dengan membuat konten video tentang dirinya yang bermain game. Tentu saja, ini tidak dibangun dengan mudah dalam sekejap.

Ada banyak ide yang bisa dimasukkan untuk membuat konten video di channel Youtube milik Anda, seperti unboxing produk, ulasan produk / makanan, vlog, video resep, dan masih banyak ide menarik lainnya.

Berikut cara menghasilkan uang dari Youtube:

  • Siapkan saluran (channel) Youtube, tempat Anda mengunggah dan menayangkan konten video milik Anda.
  • Unggah konten video secara rutin, konsisten, dan spesifik ketika mendeskripsikan konten video tersebut. Pastikan video tersebut berkualitas tinggi dan memiliki konten yang menghibur atau bermanfaat. Tidak dibutuhkan kamera profesional untuk memulainya, cukup dari smartphone yang dimiliki saat ini.
  • Bagikan video tersebut melalui media sosial atau bisa disematkan ke website / blog yang Anda miliki.
  • Respon setiap komentar dari penonton saluran Anda untuk membuat basis penggemar. Tugas Anda adalah menarik dan mempertahankan penonton.
  • Jika sudah memenuhi syarat dari Youtube, Anda bisa mulai me-monetize channel Youtube dengan memasukkan iklan ke video. Anda mendapatkan uang jika ada pemirsa yang mengklik iklan tersebut sehingga semakin banyak tampilan (views), potensi penghasilan semakin besar.

Satu hal lagi, konten video tidak melulu mengharuskan Anda berada di depan kamera. Ada banyak saluran Youtube sukses yang berisi konten video tutorial software melalui screen-capture atau seseorang yang melakukan sesuatu dengan suaranya saja.

#6 Menjual Produk Digital

Salah satu produk digital yang populer adalah e-book. Produk informasi ini masih banyak diminati oleh berbagai kalangan. Ini cukup menjanjikan untuk mendapatkan uang, terlebih lagi jika Anda menjual e-book berbahasa Inggris.

Anda dapat menjual e-book tersebut via website pribadi atau melalui Google. Menjual di marketplace semacam Amazon juga sangat potensial. Publikasikan melalui platform media sosial untuk lebih banyak menarik minat calon pembaca e-book Anda.

#7 Mengembangkan Aplikasi

Aplikasi saat ini menjadi tren yang tak kalah dalam menghasilkan uang dibandingkan cara-cara sebelumnya. Aplikasi yang dikembangkan bisa untuk iPhone atau Android.

Tentu saja, dibutuhkan keahlian khusus dalam membuat dan mengembangkan aplikasi smartphone ini. Tapi, jika Anda bukan orang yang jago di bidang ini, gunakan platform seperti AppsGeyser.

Selain itu, jika Anda memiliki ide tapi tidak bisa membuatnya secara langsung, pekerjaan programmer untuk membuatnya. Programmer ini banyak ditemukan di Freelancer, Sribulancer, Fiverr, dll dengan harga jasa yang bersaing. Buatlah aplikasi yang dapat berfungsi di kedua jenis smartphone, Android dan iPhone. Hal ini akan memaksimalkan basis pelanggan Anda.

Sumber www.thebalancesmb.com
Berlangganan Newsletter
Dapatkan info terbaru tentang bisnis, peluang usaha, keuangan langsung di email Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.