Partner Informasi Bisnis Terpercaya

Cara Menghasilkan Uang dari WordPress dengan Mudah

0 226

Banyak cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, salah satu yang telah terbukti dengan mendapatkan uang dari online. Hadirnya beragam teknik menghasilkan uang dari online, menjadikan peluang lebih besar. Salah satunya dengan menggunakan platform WordPress. Mau tahu cara menghasilkan uang dari WordPress dengan mudah? Baca ulasannya disini.

Saat kali pertama keluar, WordPress (WP) dikenal sebagai platform open source blogging sederhana. Selain itu, WordPress juga merupakan salah satu jenis web pertama yang bisa digunakan oleh banyak orang tanpa harus memiliki skill coding yang mumpuni.

Seiring dengan pengembangan yang berkelanjutan, kini WordPress jauh lebih dari sekedar platform blogging biasa. WordPress dapat digunakan sebagai frameworl dalam membangun website e-commerce, website konten, web keanggotaan, dan banyak lagi lainnya.

Platform ini dapat menjadi sangat fungsional dengan tambahan yang diberikan ribuan “plugin” dan tema, yang bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar.

Plugin di WordPress itu sendiri berfungsi hampir mirip dengan aplikasi-aplikasi yang hadir di ponsel cerdas Anda. Sedangkan tema membuat tampilan dan nuansa website Anda jauh lebih menarik.

WordPress mudah digunakan dan memiliki banyak manfaat sehingga tak heran jika lebih dari 30% website di internet menggunakan platform ini.

Cara Menghasilkan Uang dari WordPress

Jika ingin menghasilkan uang dari blogging menggunakan WordPress, dibutuhkan strategi bisnis yang dasar. Menghasilkan uang dari WordPress bukan sekedar sulap atau keajaiban karena dibutuhkan cara / strategi yang tepat. Anda membutuhkan disiplin dan beberapa pencarian informasi pendukung melalui Google untuk mendapatkan wawasan tentang bagaimana hal tersebut bisa dilakukan.

Walaupun ada banyak cara menghasilkan uang dari WordPress, tetapi sebagian besar orang menggunakan beberapa cara termudah ini.

Setidaknya, orang mulai menghasilkan uang secara online dengan platform WordPress melalui tiga langkah ini:

  1. Membuat konten yang bermanfaat dan berharga di website dalam bentuk posting blog
  2. Mendapatkan lalu lintas ke konten tersebut dengan cara marketing gratis ataupun paid marketing.
  3. Mendapatkan penghasilan / uang dari traffic melalui pemasangan iklan seperti Google Adsense, MGID, atau pemasaran afiliasi seperti Amazon, ClickBank, dll.

3 Cara untuk Menghasilkan Uang dari WordPress

Ada langkah-langkah mudah yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang tambahan dari website Anda yang didayai oleh WordPress.

Setidaknya, tiga langkah mendasar ini bisa mulai Anda terapkan untuk menghasilkan uang dari online melalui WP.

#1 Membuat Konten Bermanfaat & Berharga

Konten yang berharga / bernilai adalah konten yang orang lain senang untuk membaca / melihatnya. Konten tersebut harus original dan dibuat dengan baik. Konten yang bernilai mampu menjawab pertanyaan seseorang, seperti dalam artikel ini mampu menjawab pertanyaan, “Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari WordPress?”

Konten-konten yang berharga biasanya mendidik, menghibur, ataupun keduanya. Secara umum, format konten yang banyak digunakan adalah listicles (artikel dengan memuat daftar) dan artikel how-to.

Anda perlu menentukan format mendasar dalam membuat artikel / konten di website. Gunakan format yang memang Anda sukai dan kuasai. Tak lupa, sesuaikan dengan target pembaca konten website Anda.

Ada banyak contoh format listicles yang hadir di dunia maya. Artikel tersebut seperti “Tips Memilih Kartu Kredit yang Tepat untuk Anda” atau artikel bermafaat seperti “5 Faktor Penyebab Kulit Kusam”. Bahkan, artikel yang ditulis ini pun bisa disebut juga semi-listicle karena memberikan informasi tiga cara mudah menghasilkan uang dengan WordPress.

Format artikel berikutnya adalah how-to. Setiap orang pasti memiliki pertanyaan yang membutuhkan jawaban, “bagaimana cara”, yang bisa dijawab dalam konten Anda.

Bisa jadi artikel seperti “Memahami Cara Investasi Bitcoin Paling Aman“, atau pun banyak contoh artikel how-to lainnya.

Setelah Anda mempertimbangkan dan merencanakan dengan baik konten yang akan dibuat di website, selanjutnya dibutuhkan traffic (lalu lintas) yang menuju ke website tersebut.

#2 Mendapatkan Traffic ke Konten Website

Setelah memiliki konten, Anda perlu memikirkan bagaimana caranya website tersebut mendapatkan kunjungan. Traffic merujuk kepada orang yang mengunjungi website tersebut.

Ada berbagai cara tentang bagaimana mendapatkan traffic ke website yang didukung oleh WordPress. Setidaknya, 4 metode ini bisa diterapkan untuk mendatangkan traffic ke website Anda.

4 Cara untuk Mendatangkan Traffic ke Website WordPress

  • Mengoptimasi Mesin Pencari

Cara ini lebih dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization). Teknik SEO merupakan teknik bagaimana menampilkan artikel / konten website Anda di halaman teratas hasil pencarian Google, Bing, dll.

Pada umumnya, jika konten website Anda berada di halaman pertama mesin pencari seperti Google, Anda akan mendapatkan sebagian besar traffic dari sana. Teknik SEO sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi dibutuhkan pembelajaran yang berkelanjutan untuk dapat memahami dan menguasai skill SEO mendasar hingga profesional.

  • Berkomentar di Forum

Apabila Anda senang berkunjung ke forum online yang terkait dengan topik website Anda dan memberikan komentar bermanfaat, seringkali Anda bisa memasang tautan balik ke konten website Anda yang relevan. Biasanya, Anda diberikan kesempatan untuk memasang tautan di signature.

Cara ini bisa bekerja dengan baik, asalkan Anda bisa memanfaatkannya dengan benar. Anda akan terkejut betapa banyak traffic yang bisa diperoleh dari forum marketing tersebut.

  • Paid Traffic seperti Facebook

Selain kedua cara sebelumnya, Anda juga bisa mendapatkan traffic ke website melalui traffic berbayar Facebook atau dikenal FB Ads. Semua konten bersponsor yang sering muncul di Facebook merupakan bisnis berbayar dalam rangka mendapatkan traffic.

Facebook adalah platform media sosial yang hebat karena murah untuk memulainya. Anda bisa mulai menjalankan kampanye FB Ads dengan cukup murah. Jika konten Anda semi-viral, klik ke website Anda bisa menjadi sangat murah.

  • Guest Posting

Cara lainnya untuk mendapatkan lalu lintas kunjungan ke website adalah dengan menulis secara gratis untuk website orang lain (guest posting). Mungkin Anda membayangkan ini pekerjaan tidak mudah.

Akan tetapi, jika Anda bisa mendapatkan website dengan traffic tinggi dan menulis disana dengan menempatkan backlink ke website Anda, maka Anda bisa mendapatkan traffic stabil dari waktu ke waktu.

Nah, Anda sudah memiliki konten dan mengetahui bagaimana mendapatkan kunjungan ke web tersebut, kini saatnya untuk menghasilkan uang dari website Anda

#3 Monetisasi Situs WordPress Anda

Ada ratusan cara berbeda untuk menghasilkan uang dari WordPress. Tetapi yang paling mudah bagi kebanyakan orang memulai adalah Google AdSense dan program afiliasi seperti Amazon. AdSense, yang dijalankan oleh Google, memungkinkan Anda menempatkan iklan di web dan dibayar ketika orang mengklik iklan tersebut.

Program afiliasi seperti Amazon memungkinkan Anda menautkan ke produk apa pun yang ada di Amazon dan memberikan komisi ketika orang membeli produk tersebut.

Menghasilkan uang dari WordPress sepenuhnya sangat memungkinkan jika Anda mengetahui cara / tekniknya. Memang, tidak ada cara instan untuk menghasilkan uang. Dibutuhkan waktu, upaya, disiplin yang kuat untuk dapat menguasainya. Selamat mencoba!

Sumber www.thebalancesmb.com
Berlangganan Newsletter
Dapatkan info terbaru tentang bisnis, peluang usaha, keuangan langsung di email Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.