Simak, Ini Cara Menjadi Entrepreneur yang Kreatif

0 478

Pada era digital saat ini, tidak mudah memenangkan persaingan bisnis apabila hanya mengandalkan ide / konsep yang konvensional. Kreativitas merupakan prinsip dasar dalam kewirausahaan yang dibutuhkan. Lalu, bagaimana cara menjadi entrepreneur yang kreatif agar dapat bersaing? Simak ulasannya dalam artikel berikut.

Internet, khususnya, telah menciptakan sumber daya dan peluang besar untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan bagi entrepreneur. Jika Anda ingin memulai bisnis baru dan bergabung dengan jajaran wirausaha kreatif, inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan lakukan.

Apa itu Entrepreneur / Wirausaha Kreatif?

Anda mungkin berpikir bahwa wirausaha kreatif adalah seseorang yang mendapatkan penghasilan dari usaha kreatifnya, seperti seniman atau fotografer. Walaupun keduanya juga termasuk dalam kategori tersebut, tetapi seniman bukanlah satu-satunya wirausaha kreatif.

Entrepreneur kreatif merupakan individu yang menggunakan wawasan dan keterampilan kreatifnya untuk mencari nafkah, biasanya dalam bisnis atau sebagai freelancer. Sangat berbeda dengan konsep kewirausahaan tradisional yang lebih berfokus pada produk manufaktur atau industri.

Siapa Contoh Pengusaha Kreatif Sukses dan Terkenal?

Pada abad kedua puluh sejarah mencatat ada beberapa orang yang mengubah pengetahuan dan kreativitasnya menjadi bisnis yang maju dan sukses. Sebagian besar dari mereka memulai bisnisnya dari rumah. Salah satu cara menjadi entrepreneur yang kreatif adalah mencontoh langkah-langkah orang sukses tersebut. Siapa saja mereka?

Walt Disney

Kutipan terbaik yang dapat menggambarkan tentang kewirausahaan kreatif dari Walt Disney, “Saya hanya berharap bahwa kita tidak melupakan satu hal – semuanya dimulai dengan mouse.”

Dari film hingga taman hiburan, Mickey Mouse dan produk-produk Disney lainnya, berawal dari kreativitas kreator Walt Disney tentang Mickey Mouse saat perjalanan pulang dari New York setelah dia kehilangan hak atas kartunnya yang paling menguntungkan. Walt berimajinasi dan menggunakan kreativitasnya dalam membangun kerajaan bisnis yang dimulai dari kartun Mouse tersebut.

Penemu, Salah Satunya Thomas Edison

Semua penemu yang dapat memanfaatkan gagasan dan penemuannya dianggap sebagai wirausaha kreatif. Termasuk diantaranya Alexander Graham Bell, Nikola Tesla, dan para penemu modern lainnya. Hampir semua penemu tersebut menciptakan produk yang diproduksi secara massal dan bisnisnya dimulai dari ide kreatif.

Penemu yang paling terkenal dan produktif, Thomas Edison, telah menemukan lampu listrik, gambar bergerak, dll. Thomas memiliki 1.093 paten atas gagasan dan temuannya tersebut di Amerika Serikat.

Steve Jobs

Sebagian besar orang tidak menyatukan antara pemprograman komputer dan artistik, terkecuali Steve Jobs. Bersama dengan partnernya Steve Wozniak, Steve Jobs mengembangkan teknologi yang bisa diakses oleh orang biasa, tetapi juga mempertimbangkan dengan baik sisi estetika di setiap perangkat yang diciptakannya.

Kreativitas Steve Jobs sangat unik dengan memaksimalkan kemampuannya mengembangkan produk dan layanan yang banyak orang tidak ketahui. Salah satu kemampuannya membawa ribuan lagu di perangkat kecil atau mengubah ponsel portabel menjadi komputer dan pusat hiburan.

Pengusaha Kreatif Lainnya

Mungkin Anda sudah mengetahui wirausahan kreatif yang sukses di atas, tetapi masih banyak orang-orang berbakat diluar sana. Orang-orang ini mampu mengubah bakatnya menjadi bisnis yang sukses. Mereka adalah para blogger, Youtuber, freelancer, yang tidak kalah kreatif.

Ide Bisnis Rumahan Bagi Wirausaha Kreatif

Ciri khas wirausaha yang menjalankan usaha atau bisnis kreatif adalah dengan memanfaatkan aset intelektual atau kreativitasnya dalam menghasilkan uang. Ada ribuan cara yang berbeda untuk menjadi entrepreneur yang kreatif, tergantung dari wawasan, keterampilan dan kreativitas Anda.

Berikut ini beberapa contoh wirausaha kreatif yang sudah dilakukan dan terbukti sukses:

  • Blogging / VLog
  • Desain Grafis
  • Podcast
  • Seni dan Fotografi
  • Kerajinan Tangan
  • Produk Informasi
  • Pelatihan
  • Penulis Konten
  • dll

Daftar tersebut masih terus berlanjut. Jika Anda memiliki pengetahuan atau keterampilan yang akan dibayar oleh orang lain, Anda bisa menjadi wirausaha kreatif. Bahkan, situs seperti Fiverr memiliki banyak orang yang menjual keterampilannya seperti menulis konten, spesialis SEO, menyanyikan lagu jingle, membuat konten video, dan masih banyak lainnya.

Cara Menjadi Entrepreneur yang Kreatif

Pada era informasi digital saat ini, jauh lebih mudah dan terjangkau bagi Anda untuk mengubah bakat dan pengetahuan menjadi penghasilan. Ada banyak alasan untuk menjadi seorang entrepreneur kreatif, diantaranya:

  • Memiliki kontrol atas pekerjaan Anda
  • Fleksibilitas
  • Mendapatan bayaran dalam melakukan sesuatu yang disukai
  • Merencanakan karier yang sesuai dengan gaya hidup Anda

Sementara itu, pada sisi lain terdapat beberapa kelemahan menjadi entrepreneur yang kreatif, yaitu:

  • Penghasilan (mungkin) tidak konsisten
  • Kesulitan dalam menemukan pasar yang membutuhkan
  • Mengubah gairah kreatif menjadi “pekerjaan” bisa saja merusak kesenangan
  • Pekerjaan bisa terasa membosankan dan tidak kreatif

Mulailah sebagai Wirausaha yang Kreatif

Jika Anda sudah memutuskan untuk mengubah aset intelektual dan kreativitas menjadi penghasilan, inilah cara menjadi entrepreneur yang kreatif.

1. Mencari tahu apa yang bisa ditawarkan oleh Anda

Dimulai dengan membuat daftar yang Anda sukai, ketahui dan lakukan. Mungkin beberapa hal tampak sepele, seperti memainkan alat musik, menyanyi, mencoret-coret, dll.

Perlu diingat, ide bisnis tidak perlu artistik agar dianggap kreatif. Yang dibutuhkan hanya memaksimalkan wawasan dan keterampilan yang dimiliki.

2. Tentukan apa keterampilan / wawasan yang bisa menghasilkan uang

Apakah Anda bisa membuat sesuatu yang dapat dijual? Apakah Anda bisa menawarkan bakat / talenta Anda? Apakah Anda bisa mengajarkan sesuatu kepada orang lain, seperti kursus online, blogging, dll?

Anda bisa jadi memiliki beberapa ide / cara untuk menghasilkan uang, salah satu ide tersebut mungkin cocok untuk dikembangkan lebih lanjut. Mulailah dengan satu ide dan fokuslah untuk mengembangkannya hingga sukses.

3. Teliti ide / gagasan apakah ada pasar yang membutuhkan

Mungkin saja Anda memiliki ide usaha yang dianggap luar biasa, tetapi jika tidak ada / sedikit orang yang membutuhkan produk atau layanan itu, ide tersebut menjadi bisnis yang tidak layak.

Lakukan riset pasar untuk mengetahui apakah ada orang yang siap, mau dan mampu membeli produk atau layanan yang akan ditawarkan. Tentukan siapa saja target pasar Anda (demografi, kebutuhan, minat, dll).

Perlu diperhatikan, meskipun Anda memulai dari blogging dan menawarkan ide secara gratis, untuk menghasilkan uang dibutuhkan penawaran afiliasi atau klik iklan. Ini berarti target pasar harus membeli atau setidaknya menginginkan produk tersebut.

4. Menulis Rencana Bisnis yang Tepat

Jika Anda memiliki ide yang layak secara bisnis, sekarang saatnya untuk merencanakan dan mewujudkan bisnis Anda. Hal ini dapat dimulai dengan membuat rencana bisnis (business plan). (Baca Juga: Contoh Rencana Bisnis Sederhana)

Dalam rencana bisnis tersebut harus diuraikan dengan mendetail tentang apa yang ditawarkan dalam bisnis Anda. Keunikan apa saja dari bisnis tersebut, bagaimanan bisnis Anda menguntungkan bagi pelanggan, siapa target pasarnya, bagaimana kondisi keuangan saat ini, dan aspek penting lainnya.

5. Menentukan Nama Bisnis

Tergantung dari jenis usahanya, mungkin Anda membutuhkan nama bisnis yang dapat menggambarkan dengan baik produk atau layanan yang Anda tawarkan.

6. Membuat Struktur Bisnis

Sebagian besar entrepreneur kreatif pemula memulai bisnisnya dari kepemilikan individu. Akan tetapi, jika Anda ingin mengembangkan bisnis tersebut lebih jauh, bentuk badan hukum seperti CV atau PT bisa dipertimbangkan. Hal ini bisa membantu Anda mengembangkan bisnis tersebut dan perlindungan secara hukum.

7. Mendapatkan Lisensi / Izin Usaha

Banyak pemula yang mengabaikan poin satu ini. Sebenarnya, poin ini salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan agar bisnis berjalan lancar ke depannya.

Dapatkan izin usaha yang dibutuhkan dari pemerintah setempat. Perhatikan juga aspek lokasi tempat usaha dibuka karena ada beberapa daerah yang menerapkan zonasi usaha, seperti di Jakarta.

8. Lindungi Aset Kreatif Anda

Jika Anda membuat produk yang baru, pertimbangkan untuk melindungi kekayaan intelektual tersebut. Ada beberapa perlindungan yang bisa didapatkan, seperti hak paten atas penemuan, desain, atau formula. Merek dagang untuk nama, logo, atau tagline. Dan hak cipta untuk karya yang dibuat seperti seni dan tulisan.

9. Menyiapkan Sistem Distribusi

Dalam rencana bisnis di atas, Anda harus dapat menjelaskan bagaimana produk atau layanan tersebut akan dikirimkan. Jika Anda membuat produk digital, apakah Anda akan menjualnya di website sendiri atau marketplace.

Jika Anda menawarkan jasa freelance, apakah ditawarkan melalui website sendiri atau marketplace freelance. Apapun yang akan diputuskan nanti, Anda harus mulai mengaturnya di awal.

10. Memasarkan Bisnis / Usaha

Setelah semua aspek siap, kini saatnya memberitahukan pasar tentang bisnis Anda. Aspek marketing merupakan salah satu wahana perjuangan bagi semua wirausaha kreatif. Kecerdikan dan kreativitas dapat menjadi aset.

Beberapa poin penting yang perlu diingat untuk memasarkan bisnis Anda, yakni:

  • Siapa target pasar dari usaha Anda?
  • Dimana mereka dapat menemukan bisnis Anda (online atau offline)?
  • Bagaimana cara Anda memberikan informasi atas layanan / produk yang ditawarkan (video, medsos, iklan, dll)?

Itulah beberapa langkah cara menjadi entrepreneur yang kreatif yang bisa Anda lakukan dan terapkan agar bisnis sukses.

Sumber www.thebalancesmb.com

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.