Partner Informasi Bisnis Terpercaya

Pengertian & Contoh Social Entrepreneur Indonesia

0 1.091

Semakin banyak wirausahawan muncul di Indonesia, salah satunya adalah wirausaha sosial. Apa yang dimaksud dengan wirausaha sosial tersebut? Berikut penjelasan dan contoh social entrepreneur Indonesia.

Apa itu Wirausaha Sosial (Social Entrepreneur)?

Wirausaha sosial (social entrepreneur) adalah orang yang memiliki inovasi baru dan memiliki potensi untuk memecahkan permasalahan berbasiskan masyarakat. Individu-individu ini bersedia mengambil risiko dan upaya untuk menciptakan perubahan positif dalam masyarakat melalui inisiatif mereka.

Contoh social entrepreneur diantaranya lembaga keuangan mikro, program pendidikan, memberikan layanan perbankan di daerah yang kurang terlayani dan individu membantu anak-anak yang menjadi yatim piatu karena penyakit epidemi, serta permasalahan sosial lainnya.

Apa yang dilakukan oleh para wirausahawan sosial ini terkait dengan gagasan untuk menangani kebutuhan yang tak terpenuhi di komunitas / masyarakat. Komunitas ini telah terabaikan dan tidak mendapatkan akses ke layanan, produk, atau hal mendasar yang tersedia di komunitas lebih maju lainnya.

Seorang social entrepreneur juga berusaha untuk mengatasi ketidakseimbangan dalam ketersediaan, akar penyebab dibalik masalah sosial. Atau juga stigma sosial yang terkait dengan warga dari komunitas tersebut.

Tujuan utama dari seorang wirausahawan sosial bukanlah untuk mendapatkan keuntungan, melainkan untuk mengimplementasikan peningkatan yang luas dalam masyarakat. Namun, wirausahawan sosial harus tetap cerdas secara finansial untuk berhasil dalam perjuangannya.

Penjelasan lebih lanjut dan Contoh Social Entrepreneur

Di satu sisi, sebagian besar pengusaha / wirausaha termotivasi mengembangkan bisnis untuk mendapatkan profit. Motif mendapatkan laba tersebut tidak mengabaikan peran wirausaha “biasa” dari dampak positif terhadap masyarakat.

Seperti yang dijelaskan Adam Smith dalam bukunya The Wealth of Nations (1776), “Itu bukan dari kebajikan si tukang daging, pembuat minuman, atau tukang roti yang kita harapkan untuk makan malam kita, tetapi dari perhatian mereka terhadap kepentingan dirinya sendiri.”

Smith percaya bahwa ketika individu mengejar kepentingannya sendiri, mereka akan dibimbing menuju keputusan yang menguntungkan orang lain. Tukang roti, misalnya, ingin mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya. Untuk mencapai hal ini, ia menghasilkan produk roti yang bisa memberi makan orang lain.

Bagaimana Social Entrepreneur ini Bertindak?

Pengenalan layanan air bersih, melalui pembangunan sumur baru misalnya, kepada masyarakat yang tidak memiliki utilitas yang stabil adalah contoh lain dari kewirausahaan sosial. Di era modern, kewirausahaan sosial dapat dikombinasikan dengan aset teknologi seperti membawa konektivitas internet berkecepatan tinggi ke komunitas terpencil, dengan maksud untuk memberikan siswa lebih banyak akses ke sumber informasi dan pengetahuan.

Pengembangan aplikasi seluler yang berbicara dengan kebutuhan komunitas adalah cara lain kewirausahaan sosial diungkapkan. Hal ini dapat termasuk memberi individu cara untuk mengingatkan pemerintah daerah terhadap masalah seperti kabel listrik yang rusak, atau pola kecelakaan lalu lintas berulang. Ada juga aplikasi yang dibuat untuk melaporkan pelanggaran yang dilakukan oleh pejabat kota atau bahkan penegak hukum, memberikan suara kepada komunitas melalui teknologi.

Contoh Nyata Social Entrepreneur Indonesia

Di Indonesia, ada beberapa wirausaha yang memang bertindak nyata untuk peningkatan taraf hidup masyarakat / komunitas tertentu. Salah satu contoh social entrepreneur yaitu Hafiza Elfira. Salah satu pengusaha muda sukses di Indonesia ini berperan besar dalam kemajuan komunitas ibu penderita kusta.

Wanita muda ini memiliki kepedulian sosial yang tinggi terhadap para ibu-ibu yang menderita kusta untuk bisa mandiri. Tak hanya berjiwa sosial, Hafiza Elfira juga lihai dalam berbisnis dengan membekali para ibu-ibu tersebut menjahit manik-manik jilbab yang dapat dijual. Dengan keteguhan dan pantang menyerahnya, Hafiza Elfira dan komunitasnya dapat meraih omzet ratusan juta serta membantu para penderita kusta tersebut mandiri.

Hafiza Elfira merupakan contoh social entrepreneur Indonesia yang layak diteladani bagi para generasi muda. Dia pun mendapatkan berbagai penghargaan atas kontribusi nyatanya lingkungan sosial tersebut.

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter
Dapatkan info terbaru tentang bisnis, peluang usaha, keuangan langsung di email Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.