Kapan Waktu yang Tepat untuk Memulai Usaha?

0 77

Pertanyaan ini sering kali hinggap kepada calon wirausaha, “Kapan waktu yang tepat untuk memulai usaha, ya?” Mungkin Anda juga salah satunya.

Sebenarnya, memulai sebuah bisnis atau usaha mirip dengan memulai suatu hubungan. Waktu yang tepat dan terbaik untuk memulai usaha / bisnis adalah saat Anda memiliki waktu untuk mencurahkan perhatian pada usaha tersebut.

Hal ini bukan berarti ada yang salah dengan memulai bisnis sampingan atau memulai usaha saat Anda masih bekerja full-time di instansi tertentu. Setiap individu memiliki kemampuan dan tingkat energi yang berbeda-beda. Akan tetapi, jika ingin memberikan kesempatan terbaik untuk memulai bisnis, maka Anda harus dapat FOKUS dengan usaha tersebut.

Waktu yang kurang tepat jika untuk memulai usaha, Anda sedang mengalami banyak kekacauan atau stres dalam hidup. Memulai usaha itu sendiri akan berpotensi menguras tenaga dan pikiran, bahkan hingga stres. Jika Anda sedang dalam posisi kehilangan pekerjaan atau ada masalah rumah tangga, misalnya, akan jauh lebih baik tunda dulu membangun bisnis sampai hidup Anda stabil.

Selain itu, waktu terbaik untuk memulai bisnis juga tak ada hubungannya dengan usia seseorang. Individu dari berbagai usia dapat memulai usaha. Anda akan terkejut bahwa banyak wirausaha sukses memulainya dari usia 40-an ke atas atau bahkan dari usia belia (15 tahun-an) sudah memulainya.

Hal ini bukanlah tergantung pada usia seseorang untuk memulai usaha. Tetapi, terkait dengan posisi Anda saat ini dalam kehidupan dan apakah siap untuk menghadapi tantangan baru.

Waktu yang Tepat untuk Memulai Usaha: Kesiapan Anda Menjadi Pengusaha

Apakah harus memulai bisnis dan menjadi seorang wirausaha? Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memulainya, diantaranya:

Kepribadian Anda

Tidak semua orang memiliki karakter / sifat yang dibutuhkan untuk dapat berkembang menjadi seorang wirausaha. Selain wawasan luas tentang bisnis yang ingin digeluti, agar dapat sukses dalam berbisnis juga dibutuhkan motivasi diri. Tak hanya itu, Anda membutuhkan keterampilan dalam organisasi, manajemen, pemasaran dan kemampuan berkomunikasi dengan vendor serta pelanggan.

Apakah Anda berpikir siap untuk memulai usaha tetapi khawatir dengan karakter / sifat Anda sesuai untuk menjadi seorang wirausaha? Baca artikel 7 Karakteristik Wirausaha yang Harus Dimiliki agar Bisnis Sukses ini!

Situasi Keuangan Anda

Faktor lain yang juga harus dipertimbangkan sebelum memulai usaha adalah kondisi / situasi keuangan pribadi atau rumah tangga. Seberapa banyak atau besar risiko bisnis yang bisa ditoleransi oleh Anda? Jika saat ini memiliki keluarga dan pekerjaan yang stabil, apakah Anda benar-benar ingin mencoba tantangan baru sendiri?

Jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan perusahaan saat ini, pertimbangkan apakah perusahaan akan dapat membuat kontrak baru terkait dengan rencana Anda. Memiliki bisnis baru juga akan menyedot modal awal yang tidak sedikit (tergantung jenis usahanya). Anda perlu membeli peralatan, sewa ruang usaha, atau merekrut karyawan.

Cek pada diri Anda sendiri apakan memiliki tabungan atau akses dana dari keluarga. Alternatif lainnya adalah kemampuan untuk mendapatkan pembiayaan permodalan dari lembaga pemberi pinjaman atau modal dari investor.

Efek pada Keluarga

Apabila Anda seseorang yang sudah berkeluarga, sadarilah bahwa menjalankan bisnis secara tidak langsung merupakan urusan keluarga. Selain pertimbangan keuangan keluarga yang telah disebutkan sebelumnya, membangun bisnis baru dibutuhkan waktu yang lebih besar dibandingkan pekerjaan biasa.

Komitmen terhadap waktu dan tekanan serta ketidakpastian terkait menjalankan bisnis dapat menimbulkan ketegangan yang tidak semestinya pada hubungan keluarga. Namun, perlu diketahui bahwa melibatkan anggota keluarga dalam bisnis juga ada benefitnya. Selain bisa memperoleh sokongan yang dapat dipercaya jika mempekerjakan anggota keluarga, ada juga keuntungan dari pajak.

Tentu saja, menganalisis waktu yang tepat untuk memulai usaha / bisnis Anda merupakan salah satu pertimbangan saja. Anda juga harus menganalisis langkah-langkah lainnya yang diperlukan untuk memastikan bahwa bisnis ini akan sukses.

Sumber www.thebalancesmb.com

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.