Partner Informasi Bisnis Terpercaya

Marketing Plan Adalah…? Ini Ulasannya!

0 29

Dalam bisnis salah satu aspek yang tak boleh diabaikan adalah terkait marketing plan atau rencana pemasaran. Berikut penjelasan mendetail tentang marketing plan.

Memikirkan rencana pemasaran sebagai peta jalan dalam memperkenalkan dan mengirimkan produk / layanan bisnis Anda kepada pelanggan potensial sangatlah penting. Tak perlu lama dan tidak membutuhkan banyak uang untuk melakukannya. Namun, dibutuhkan beberapa penelitian dan usaha.

Memasukkan rencana pemasaran dalam bagian penting rencana bisnis Anda dapat membantu Anda dalam memastikan kesuksesan bisnis di kemudian hari.

Marketing plan adalah aspek penting dalam bisnis.

Marketing plan adalah perencanaan komprehensif yang menyangkut pemasaran bisnis Anda. Membuat rencana pemasaran yang efektif akan sangat membantu sebuah bisnis / usaha dalam memahami pasar yang ditargetkan dan persaingan di pasar tersebut.

Selain itu, pentingnya rencana pemasaran juga menyangkut pemahaman dampak dan hasil dari keputusan pemasaran dan memberikan arahan untuk inisiatif di masa depan.

Meskipun rencana pemasaran dapat bervariasi tergantung pada industri, jenis produk atau layanan serta tujuan yang ingin dicapai, ada elemen penting tertentu yang harus ada di dalam perencanaan marketing tersebut.

Elemen Penting dalam Marketing Plan:

Ringkasan dan Pendahuluan

Ini adalah gambaran singkat tentang poin-poin utama dari rencana pemasaran. Di dalamnya harus termuat sinopsis dari apa yang telah dilakukan, apa yang Anda rencanakan untuk dilakukan, dan bagaimana Anda akan mencapai target.

Analisis Situasi

Analisis situasi mencakup rincian konteks dalam upaya pemasaran Anda. Dalam bagian ini harus termuat lebih dekat tentang faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi strategi marketing Anda.

Banyak perusahaan melakukan analisis SWOT, yang merupakan penggabungan analisis internal dan eksternal. Analisis ini merangkum kekuatan (strengthness), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats).

Tujuan Bisnis

Rencana pemasaran yang efektif bisa membantu mendukung strategi dan sasaran bisnis secara menyeluruh. Dalam mencapai hal tersebut, pebisnis / marketer harus mengetahui dengan baik apa tujuan bisnisnya dan aspek mana dari tujuan tersebut yang dapat dipengaruhi.

Tujuan Marketing

Salah satu elemen penting dalam marketing plan adalah tujuan pemasaran itu sendiri. Tujuan-tujuan tersebut akan menyatu dengan tujuan bisnis secara keseluruhan. Akan tetapi, tujuan marketing lebih terfokus pada bagian-bagian bisnis yang dapat dipengaruhi oleh marketing.

Sebagai contoh, tujuan keseluruhan bisnis adalah untuk meningkatkan pendapatan dari usaha secara berkelanjutan dengan persentase tertentu di tahun berikutnya. Maka, tujuan dari pemasaran yang terkait adalah untuk mendapatkan sejumlah pelanggan yang mendaftar ke program rewards setiap bulannya.

Sasaran / Target Pasar

Aspek tak kalah penting dalam marketing plan adalah penentuan sasaran atau target pasar. Konsep target pasar merupakan salah satu aspek marketing yang paling mendasar dan penting.

Mungkin tidak begitu realistis jika Anda berpikir bisa menggaet semua orang ke dalam bisnis Anda sehingga dibutuhkan identifikasi mana target pelanggan yang ideal bagi bisnis Anda.

Apa yang disukai oleh target pelanggan Anda? Apa yang tidak disukai? Berapa usia target pasar Anda? Dimana Anda dapat menemukan mereka? Mendapatkan informasi yang spesifik tentang sasaran pasar dan mengelompokkannya ke kategori-kategori yang lebih kecil untuk promosi lebih spesifik itu penting.

Hal ini dilakukan agar dapat membantu Anda dalam memutuskan sumber daya apa yang dibutuhkan, taktik / strateginya, dan pesan apa yang akan digunakan.

Strategi Pemasaran

Strategi adalah pendekatan yang ingin diambil untuk mencapai tujuan pemasaran.

Misalnya, jika Anda mencoba membuat sejumlah orang untuk mendaftar ke program rewards pelanggan setiap bulan, strategi Anda mungkin untuk memperkenalkan pelanggan baru ke program rewards dengan undangan yang dipersonalisasi.

Undangan ini harus menawarkan highlights hadiah yang tepat kepada calon pelanggan Anda.

Taktik Pemasaran

Taktik pemasaran adalah tindakan spesifik yang akan diambil untuk menjalankan strategi yang telah ditetapkan. Jadi, jika Anda memperkenalkan pelanggan baru ke program rewards dengan undangan yang dipersonalisasi, maka salah satu taktik yang dapat digunakan adalah mengirimkan email kepada mereka.

Dalam email undangan tersebut memuat penawaran kepada setiap pelanggan baru dengan nama dan memberi tahu mereka tentang beberapa hadiah spesifik yang bisa didapatkan. Di dalamnya juga terdapat tautan mudah untuk pendaftaran program hadiah.

Panduan Pengiriman Pesan

Olahpesan yang tepat dapat membantu menetapkan posisi merek Anda di pasar, membantunya menonjol dari pesaing, menunjukkan nilai kepada pelanggan potensial, dan menjangkau khalayak tertentu.

Anda dapat menetapkan beberapa pedoman pengiriman pesan umum dalam keseluruhan rencana, kemudian menggunakannya sebagai titik awal untuk membuat pesan yang lebih spesifik untuk setiap kampanye dan segmen berbeda dari target pasar Anda.

Anggaran Pemasaran

Anda harus mengetahui dengan baik apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk kampanye pemasaran (marketing campaign). Selain itu, berapa banyak uang yang dianggarkan untuk berbagai upaya marketing juga penting.

Pelacakan dan Evaluasi

Salah satu bagian dalam marketing plan yang tak boleh diabaikan adalah pentingnya pelacakan dan evaluasi. Hal ini mencakup rencana dan prosedur untuk melacak setiap jenis aktivitas pemasaran yang digunakan.

Dengan melakukan pelacakan akan membantu memantau efektivitas setiap kegiatan marketing dan sangat membantu dalam evaluasi program secara menyeluruh.

Jika Anda tidak melacak dan mengukur upaya pemasaran Anda, maka tidak akan ada pemasaran yang efektif.

Sumber www.thebalancesmb.com
Berlangganan Newsletter
Dapatkan info terbaru tentang bisnis, peluang usaha, keuangan langsung di email Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.