Jangan Takut Menjadi Pengusaha Muda Yang Sukses

0 109

Pengusaha muda yang sukses kebanyakan memiliki kisah inspiratif dibalik keberhasilannya. Tidak ada sesuatu yang didapatkan dengan mudah. Sama seperti halnya dalam merintis usaha atau bisnis sendiri, kita harus benar-benar memulainya dari nol dan mencemati setiap detailnya hingga menjadi sukses di kemudian hari.

Cerita inspiratif pendiri Tokopedia

Mungkin salah satu atau kebanyakan dari Anda sedang berada di usia 20-an saat ini. Jika Anda sudah berada pada usia 20-an dan masih terlalu banyak bersantai dan merasa takut mengambil langkah besar untuk mewujudkan impian, Anda perlu melihat cerita inspiratif pengusaha Indonesia yang berhasil di usia muda.

Adalah William Tanuwijaya, seorang pendiri salah satu start up e-commerce terbaik di Indonesia yaitu Tokopedia. Setelah menyelesaikan pendidikan SMA, william merantau ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan di Binus dengan mengambil jurusan Teknik Informatika. Usai berkuliah, William kemudian bekerja sampingan sebagai penjaga warnet. Dari sinilah William mengenal dunia internet lebih dalam.

[bs-quote quote=”Kami percaya kesuksesan itu hanya bisa diraih dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses.” style=”default” align=”left” author_name=”William Tanuwijaya” author_job=”CEO Tokopedia” author_avatar=”https://portalbisnis.id/wp-content/uploads/2018/11/william-tanuwijaya-tokopedia.png”][/bs-quote]

Berbekal pengalamannya bekerja di perusahaan game developer dan software developer, William mengajak seorang temannya untuk mendirikan start up e-commerce yang kini kita kenal dengan Tokopedia.

Saat ini, Tokopedia sukses menjadi salah satu platform jual beli online yang menghubungkan antara penjual dengan pembeli.

Tokopedia tidak sukses secara tiba-tiba. Start up e-commerce ini mulai dirilis sejak 2009 namun belakangan baru banyak dikenal sejak 2015.

Tentunya ada banyak perjuangan yang dilakukan William dan rekannya untuk menjadikan Tokopedia menjadi seperti sekarang.

Pengusaha muda yang sukses berani berinovasi dan mengambil resiko

Kisah William membangun Tokopedia hanya salah satu dari sekian banyak cerita pengusaha muda yang sukses. Setidaknya butuh waktu 6 tahun bagi William untuk membuat Tokopedia dikenal masyarakat luas.

Meskipun pada saat itu William sudah terbilang sukses dengan pekerjaannya di perusahaan software developer, beliau berani mengambil resiko dengan merintis start up e-commerce-nya sendiri. William tidak tinggal di zona nyamannya sebagai pekerja melainkan memilih mengambil resiko dengan membuka lowongan pekerjaan bagi oran lain.

Selain itu, beliau juga berani berinovasi. Pada tahun 2009, kebiasaan belanja online masyarakat Indonesia tidak seperti sekarang. Kebanyakan orang pada waktu itu lebih suka berbelanja secara langsung karena tidak terlalu percaya dengan sistem jual beli online.

Bisa dibilang sulit untuk mengembangkan bisnisnya di tengah keadaan masyarakat yang tidak terlalu mendukung saat itu. Namun, William tidak menyerah akan usahanya hingga berhasil mendapatkan investasi di tahun pertamanya mendirikan Tokopedia.

Pada intinya, memulai usaha lebih sulit dibandingkan memulai bekerja. Namun tidak perlu khawatir karena setiap orang memiliki masanya. Pada intinya, bangkitkan motivasi bisnis dalam diri. Jangan hanya sekedar bermimpi tapi mulailah bertindak. Hal tersebut merupakan salah satu kunci menjadi pengusaha muda yang sukses.

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.