Partner Informasi Bisnis Terpercaya

Ingin Mulai Bisnis Sampingan? Manfaatkan Skill Anda via 5 Cara ini!

0 44

Ada banyak cara meningkatkan penghasilan pribadi atau rumah tangga. Salah satu pilihan terbaik adalah memulai bisnis sampingan milik Anda sendiri. Ingin mencoba untuk memulainya? Gunakan lima cara ini!

Jika Anda memilih peluang bisnis yang tepat, maka akan ada ruang untuk tetap meningkatkan basis pelanggan sambil tetap mempertahankan pekerjaan yang ada saat ini. Jika mengambil langkah yang tepat, Anda dapat membangun penghasilan sampingan selain pekerjaan rutin saat ini dan perlahan memasuki dunia wirausaha.

Namun, sebelum benar-benar memulai bisnis sampingan, perlu dipahami terlebih dahulu cara-cara yang bisa digunakan untuk menemukan dan memastikan ide bisnis sampingan yang tepat.

Pengalaman dari banyak wirausaha menyebutkan bahwa salah satu kesalahan umum yang paling sering dilakukan dalam mencari peluang bisnis sampingan ideal, yaitu mengabaikan sumber daya tunggal terbaik: SKILL yang dimiliki.

Misalkan, seorang penulis dan marketing harus mengetahui dengan baik bahwa kekuatan intinya adalah membuat konten yang menarik. Konten tersebut harus dihadapkan dengan audiens online yang luas jika ingin memiliki kesempatan sukses berbisnis dan bersain dengan kompetitor.

Apabila ingin menjadi pengusaha sukses di bidang Anda, maka libatkan kekuatan inti tersebut. Apakah Anda belum yakin dengan skill apa yang bisa menghasilkan melalui bisnis sampingan tersebut? Ikuti banyak pelatihan keterampilan untuk menjadi wirausaha.

Setelah mengetahui mana kekuatan inti yang Anda rencanakan untuk ditingkatkan, maka ada lima cara untuk mengubah skill tersebut menjadi bisnis sampingan.

Ini 5 Cara Menggunakan Skill untuk Memulai Bisnis Sampingan

1. Freelance

Jika Anda telah memiliki skill yang mumpuni dan bisa dipasarkan sepanjang karir, maka pertimbangkan untuk memulai ide bisnis sampingan dengan freelance. Ada banyak permintaan yang terus meningkat bagi freelance berbakat.

Anda memiliki skill menulis, desain, digital marketing, SEO, manajemen media sosial, dan yang lainnya, sudah saatnya untuk memulai freelance. Anda bisa memulainya dengan membangun website portofolio pribadi yang memuat daftar skill, menampilkan karya terbaik, dan ulasan dari rekan kerja.

Atau, Anda juga bisa mendaftarkan diri di marketplace freelancing semacam Fiverr, Sribulancer, Freelancer, dll untuk mendapatkan peluang tepat memulai bisnis Anda sendiri.

2. Blogging / Vlogging

Ini merupakan salah satu bisnis sampingan favorit bagi sebagian orang. Banyak orang mulai membangun sebuah blog dan pembaca setianya. Atau, jika Anda memiliki kemampuan dalam vlogging, bisa membangun saluran Youtube sendiri. Bisnis digital ini merupakan salah satu investasi jangka panjang.

Potensi penghasilan yang didapatkan pun sangat besar, walaupun dibutuhkan waktu bertahun-tahun agar bisa mendapatkan penghasilan layak.

Jika Anda memiliki kemampuan dalam membangun koneksi dengan orang lain melalui tulisan atau video, ini merupakan cara yang tepat. Pastikan untuk memulai topik dengan niche khusus sehingga berpotensi untuk menjadi yang terbaik di topik tersebut. Ini perlu dilakukan sebelum melakukan ekspansi ke pasar yang lebih luas.

Kredibilitas Anda sebagai blogger / vlogger sangat penting agar dapat terus maju dan sukses.

3. Pelatihan / Kursus Online

Jika Anda memiliki skill yang bisa dijual, dibutuhkan orang lain, maka ada peluang pasar yang besar untuk itu. Anda akan dibayar dengan memberikan pelatihan, one-on-one, menjadikan pengalaman belajar lebih cepat dan baik.

Ada banyak website yang memfasilitasi untuk pelatihan online tersebut, seperti Clarity.fm, Savvy, dll. Ini akan membentuk komunitas Anda yang berfokus untuk meningkatkan keterampilan tertentu.

Jika Anda memulai bisnis pelatihan online dan semakin terus menyempurnakan pengalaman mengajar, maka Anda bisa mengemasnya jauh lebih besar dan berjenjang dengan kursus online.

Kursus online merupakan cara tepat untuk menghasilkan uang dari skill yang Anda miliki. Ciptakan kursus online yang benar-benar bermanfaat bagi orang lain dalam menjalani waktu luangnya.

Walaupun waktu persiapan dan investasinya besar (khususnya waktu) dengan model bisnis ini, Anda berpeluang mendapatkan penghasilan yang terukur di masa depan.

4. Bisnis Online

Ini juga salah satu kesempatan yang bisa Anda raih jika memiliki kemampuan menjual yang kuat. Hadirnya beragam marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Amazon, membuat bisnis online menjadi mudah untuk dilakukan.

Anda bisa menjual beragam produk melalui marketplace dengan pangsa pasar yang jauh lebih luas dibandingkan menjualnya secara offline.

5. Produk Fisik / Offline

Apakah Anda memiliki ide penemuan produk baru, inovasi produk yang sudah ada, atau tak lebih dari menjual produk dengan cara / pasar baru? Anda banyak cara menghasilkan uang dengan menjual produk secara fisik / offline sebagai sampingan.

Yang terpenting adalah memiliki kreativitas dan komitmen. Ada banyak cara tak terbatas dalam memanfaatkan keterampilan yang dimiliki dan memulai bisnis sampingan yang berpotensi memasuki dunia wirausaha.

Sumber www.thebalancesmb.com
Berlangganan Newsletter
Dapatkan info terbaru tentang bisnis, peluang usaha, keuangan langsung di email Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.