Tips Memulai Blogging Agar Mendapatkan Traffic dan Uang

0 17

Salah satu cara terefektif untuk membangun audiens, menjangkau target pasar dan tentunya menghasilkan pendapatan secara online adalah blogging. Berikut tips memulai blogging agar lebih mudah mendapatkan traffic dan penghasilan secara online.

Di platform WordPress saja, lebih dari 400 juta orang membaca blog setiap bulannya. Blogging bisa membantu mengarahkan sebagian traffic itu ke website, bisnis atau platform Anda. Akan tetapi, memulai sebuah blog sebenarnya gampang-gampang susah.

Hal ini melibatkan lebih dari sekedar menyiapkan URL dan menulis, khususnya bagi Anda yang bertujuan menerbitkan blog untuk mendapatkan uang atau mempromosikan bisnis. (Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari WordPress dengan Mudah)

Tips Memulai Blogging agar Sukses Sesuai Tujuan

Salah satu kunci keberhasilan dalam blogging adalah bagaimana menghasilkan traffic yang cukup untuk mendapatkan jumlah pembaca dan pendapatan teratur. Untuk mencapai ini, Anda membutuhkan lebih dari sekadar konten menarik.

Sebenarnya, memeroleh penghasilan dari blogging seperti bisnis. Ini berarti diperlukan rencana dan struktur yang menarik bagi audiens dengan jelas. Dibutuhkan juga strategi promosi, rencana bagaimana menghasilkan uang dan tolak ukur yang tepat untuk mengukur keberhasilan Anda.

Luangkan waktu untuk membaca tips memulai blogging melalui beberapa langkah ini dan Anda berada di jalur yang benar untuk meraih keberhasilan dan keuntungan dari blogging.

Temukan Niche Blog Anda

Untuk bisa berhasil dalam blogging, Anda harus fokus pada topik yang diminati dalam menulis ribuan kata. Selain itu, Anda juga harus memiliki wawasan dan daya tarik luas untuk memastikan orang lain juga tertarik dengan apa yang Anda tulis.

Sebagai contoh, jika Anda secara eksklusif menulis tentang kehidupan sehari-hari kucing Anda, bisa jadi orang lain tidak beranggapan sama dengan Anda. Lain hal jika Anda seorang pecinta kucing menulis tentang kesehatan kucing, maka akan membuka pintu bagi audiens yang lebih luas. Ada banyak topik potensial dan berpeluang besar menarik minat pembaca dengan berbagi kiat atau pengalaman pribadi.

Dalam tips memulai blogging agar sukses ini kata kuncinya adalah menemukan pasar yang cukup besar untuk mendukung tujuan memeroleh penghasilan. Tetapi di sisi lain, cukup sempit sehingga Anda dapat mengklaim perhatian audiens dari niche yang dipilih.

Melakukan Penelitian Pasar

Sebelum memulai menulis blog, lakukan penelitian terlebih dahulu terkait target pembaca blog Anda. Temukan konten seperti apa yang mereka minati. Amati blog-blog populer yang ada. Teliti apa saja yang menjadi daya tarik blog populer tersebut dan topik-topik menarik bagi Anda.

Cek Poin Penting ini:

  • Informasi apa yang populer di niche blog Anda?
  • Jenis konten apa yang sering dibagikan dan dikomentari?
  • Apa pertanyaan yang sering diajukan pembaca?
  • Desain blog seperti apa yang sering dikunjungi pembaca?
  • Informasi apa yang belum diterbitkan / hilang?
  • Bagaimana pembaca menemukan blog Anda?
  • Bagaimana target pasar Anda menanggapi beragam jenis postingan?

Intinya, perlakukan blog Anda seperti memulai bisnis baru. Gunakan riset Anda itu untuk melakukan profil (profiling) konsumen yang akan membantu memahami dan terhubung dengan audiens Anda.

Membangun Kredibilitas

Tips memulai blogging berikutnya adalah membangun kredibilitas. Siapa pun yang memiliki akses ke internet bisa membuat blog. Tetapi, tidak semua orang memiliki kredibilitas dalam membuat blog tersebut lebih bermakna.

Anda tidak harus menjadi pelukis ulung untuk menulis blog tentang seni. Akan tetapi, akan sangat membantu mendapatkan kepercayaan dari pembaca jika Anda meluangkan waktu tentang minat dan menjabarkan profil Anda. Kredibilitas bisa mulai dibangun dengan membuat halaman khusus “Tentang Penulis” di blog Anda. Lalu, investasikan waktu dan sumber daya untuk memperluas jangkauan dan muncul di platform lain.

Perlu diingat bahwa tidak perlu menjadi dokter untuk menulis blog tentang kesehatan, olahragawan berprestasi untuk menulis blog tentang olahraga, dan lain sebagainya. Lebih penting untuk membuat konten yang bermanfaat dan menarik bagi target pembaca Anda.

Menetapkan Tujuan yang Jelas

Tak kalah penting dalam tips memulai blogging agar sukses adalah menetapkan tujuan Anda dengan jelas. Mulailah dengan menjabarkan apa saja yang ingin dicapai dari blog Anda, seperti:

  • Apakah Anda ingin membuat blog untuk dijadikan bisnis itu sendiri?
  • Apakah Anda mencoba mengarahkan traffic ke website bisnis Anda?
  • Apakah tujuan blogging untuk mendapatkan konten bersponsor?
  • Apakah blogging untuk menghasilkan uang melalui link afiliasi?
  • Apakah blogging untuk menjual produk Anda sendiri?

Jika sudah mengetahui gambaran besar tentang tujuan Anda blogging, tentukan tolak ukur jangka pendeknya. Sebagai contoh, membangun traffic, mendapatkan uang, meningkatkan follower di media sosial atau menambahkan pelanggan email. Tetapkan kerangka waktu untuk mencapainya sehingga kesuksesan Anda dapat terukur.

Buatlah rencana satu tahun ke depan, termasuk checkpoint, tempat Anda mengevaluasi apakah tujuan sudah tercapai dan mengukur pertumbuhan blog Anda. Metrik utama yang perlu dipertimbangkan seperti traffic website, pelanggan via email, klik tautan, unduhan dan pendapatan.

Mempelajari Tentang SEO (Search Engine Optimization)

Sebagian besar pembaca menemukan blog baru dari hasil pencarian online melalui Google, Yahoo, dll. Pencarian tersebut dalam rangka menjawab pertanyaan, menemukan informasi terkait topik populer, atau mencari solusi dari masalah.

Apabila website Anda ingin ditemukan oleh pembaca, pelajari dan manfaatkan dengan baik tentang optimisasi mesin pencari atau SEO. Search Engine Optimization menggunakan kata kunci tertarget untuk memberitahukan mesin pencari tentang artikel / postingan tertentu. Ini memungkinkan konten Anda bisa muncul di hasil pencarian saat pengunjung mencari kata kunci tersebut.

Menulis yang ramah SEO dibutuhkan teknik penulisan konten yang dapat dibaca menarik dan digabungkan dengan kata kunci tertarget secara alami. Kata kunci tertarget tersebut harus didasarkan pada minat audiens ideal Anda. Butuh penelitian SEO secara komprehensif untuk menemukan kata kunci yang tepat.

Setelah Anda memiliki daftarnya, hal ini bisa memandu Anda dalam membuat topik postingan dan menghasilkan ide-ide baru bagi blog.

Berinvestasi di Desain Blog

Tidak kalah penting dalam tips memulai blogging adalah menginvestasikan dalam desain blog / website. Website / blog profesional harus tergambar dari desain yang juga terlihat profesional. Baik itu tata letak keseluruhan, grafik, maupun gambar yang muncul di setiap postingan. Ini dibutuhkan investasi waktu dan uang.

Apabila Anda memiliki modal awal untuk membangun blog, sewalah jasa profesional untuk mendesain layout website dan template gambar. Jika memiliki lebih banyak waktu dan kemampuan, Anda dapat melakukannya sendiri.

Ada banyak template blog, baik gratis maupun berbayar yang bisa membantu dalam memberikan desain website kualitas pro. Untuk grafik, Anda bisa menggunakan program gratis seperti Canva.

Berinvestasi dalam desain blog / website agar terlihat profesional, dapat menambah kredibilitas blog tersebut dan mendapatkan lebih banyak perhatian serta kepercayaan pembaca.

Membangun Komunitas Diluar Blog Anda

Setelah blog terbit, cari dan partisipasi dalam komunitas online. Banyak komunitas sejenis yang bisa ditemukan di media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, Youtube, LinkedIn, dll. Media sosial ini tempat yang bagus untuk terhubung dengan pembaca potensial.

Bisa jadi, di awal Anda akan kesulitan mengarahkan traffic dari media sosial ke blog Anda. Maka, gunakan media sosial tersebut sebagai tempat untuk membangun kredibilitas dan relasi.

Mungkin ada blogger yang lebih beruntung dapat mengarahkan traffic ke blognya jika muncul di media online populer. Ada beberapa tips untuk mengarahkan traffic dengan cara ini, yaitu:

  • Mengirim postingan tamu (guest post) untuk dipublikasikan di website populer.
  • Melakukan kolaborasi dalam event tertentu yang terkait dengan topik blog Anda.
  • Mengarahkan pengunjung ke blog Anda melalui produk gratis, seperti ebook, kursus online, dll.

Menghabiskan Lebih Banyak Waktu untuk Pemeliharaan / Update Konten

Memperbarui konten blog secara rutin dan terlibat langsung dengan pembaca akan mendorong audiens untuk kembali ke blog Anda. Hal ini akan meningkatkan traffic dan pendapatan dari blog.

Undanglah pembaca untuk dapat berkomentar dan ucapkan terima kasih atau merespon atas pendapat mereka.

Memperbarui konten Anda secara teratur dan terlibat dengan pembaca mendorong mereka untuk kembali ke blog Anda, membantu Anda menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan pendapatan. Selalu mengundang orang lain untuk berkomentar dan, ketika mereka melakukannya, ucapkan terima kasih atas pemikiran mereka.

Perhatikan apa yang ditulis website lain di niche Anda. Apakah website ini:

  • Memuat event terbaru?
  • Membuat produk / unduhan gratis?
  • Mengabaikan topik-topik utama?
  • Berkolaborasi dengan sponsor tertentu atau menggunakan tautan afiliasi?

Carilah informasi yang hilang dari website sejenis untuk menarik traffic baru. Pertimbangkan kebutuhan pembaca dan tambahkan konten unggulan seperti webinar, postingan berseri, produk gratis, ebook dalam rangka memuaskan minat pembaca blog.

Teliti kata kunci dan website yang membawa pembaca ke blog Anda. Buatlah lebih banyak konten yang berkaitan dengan topik tersebut. Minat pembaca juga bisa didapatkan dari konten kolaborasi dengan sponsor, tautan afiliasi, kode diskon, yang akan membawa lebih banyak pengunjung datang.

Memperbarui dan mempertahankan kualitas konten blog menunjukkan komitmen pembaca dan pelanggan Anda. Hal ini juga membantu blog Anda tetap terkini di mesin pencari sehingga traffic tetap berdatangan dan menghasilkan uang.

Sumber www.thebalancesmb.com

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.